Mau Naik Level di P3A, Lutra Belajar Ke Lutim

oleh

UPOS,Luwu Timur – Ingin naik peringkat dalam hal Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Luwu Utara, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Luwu Utara melakukan study tiru ke Dinas Sosial P3A Lutim.

Pemkab Luwu Utara memilih belajar ke Lutim karena Lutim sudah di level Utama dalam hal pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

” Kami memilih Luwu Timur karena Lutim sudah di peringkat Utama, kami mau tahu apa trik dan syarat yang harus dipenuhi untuk mencapai level Utama itu .” Ungkap. Ratna, Sekretaris Dinas PP -PA Luwu Utara, Kamis ( 27/02/2020).

Menurut Ratna, Kabupaten Luwu Utara baru berada di peringkat Pratama. Untuk itu perlu meniru langkah Pemkab Lutim untuk naik peringkat.

Diakuinya di Lutra masih banyak kekurangan yang harus di benahi, diharapkan lewat study tiru ini Luwu Utara sudah tahu syarat yang harus dipenuhi sehingga bisa naik ke level Madya dan Utama.

Di Luwu Utara ternyata dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak berdiri sendiri. Sementara di Lutim tergabung dalam Dinas Sosial.

Rombongan Luwu Utara ini dipimpin langsung Ratna selaku Sekretaris dinas PP-PA.

Rombongan diterima di Aula dinas Sosial P3A. Diterima langsung Asisten Pemerintahan Dohri As,ari, Kadis Sosial P3A Sukarti, dan sejumlah OPD seperti Kominfo,Bapelitbangda, DPMPTSP, DLH .

Menurut Sukarti, dalam hal program Pemberdayaan Perempuan,Perlindungan Anak, Kabupaten Luwu Timur sudah melewati peringkat Pratama,Madya dan sekarang Utama. Tinggal selangkah lagi Lutim akan naik peringkat menjadi Mentor.

Tujuh syarat yang harus di penuhi untuk mencapai level Utama, yaitu Komitmen para pengambil keputusan, kelembagaan, Sumber Daya manusia, sistem data yang memadai, Tool atau alat, jejaring atau kemitraan.

Tujuh syarat ini harus dipenuhi dengan maksimal sehingga saat di cek antara yang ada di dokumen dan yang ada dilapangan harus singkron.

” Yang utama itu adalah komitmen, meski syarat sudah dipenuhi jika tidak ada komitmen tetap saja tidak bisa berjalan dengan baik ” Ungkap Sukarti.

Keberhasilan Luwu Timur meraih level utama bukan semata -mata kerja dari dinas sosial, tetapi ada komitmen kebersamaan di semua OPD. Kerja tim inilah yang membuat Lutim masuk salah satu daerah di Sulsel mendapat predikat Utama. ( UjungpandangPos/***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *