Soal PPDB SD dan SMP, Dewan Makassar Tekankan Disdik untuk Begini

UPOS, Makassar– DPRD Kota Makassar, kembali memperingatkan Dinas Pendidikan, tentang pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021, di Kota Makassar.

Hal ini diutarakan, Komisi D DPRD Kota Makassar dalam Rapat Kerja persiapan PPDB bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar, Diskominfo, Dukcapil dan Dinsos Makassar di Ruang Banggar, Selasa (15/06/2021).

Ketua Komisi D DPRD kota Makassar, Abd. Wahab Tahir mengungkapkan, bahwa kepada Dinas Kominfo dan Dinas Pendidikan untuk membuka akses aplikasi PPDB selama 24 jam online. Hal tersebut, dapat meminimalisir penumpukan yang terjadi di saat hari pertama pendaftaran nantinya.

“Kan kita sudah punya server mandiri. Supaya masyarakat dirumah juga bisa mengaksesnya,” terang Wahab Tahir.

Anggota Komisi D DPRD Kota Makassar, Alhidayat Samsu mengatakan, Disdik Makassar mempersiapkan secara matang pelaksanaan PPDB jenjang SD dan SMP.

“Secara garis besar kami telah mendengarkan tadi raker terkait persiapan PPDB, kami tidak ingin permasalahan tahun lalu terulang,” ungkapnya.

Tidak seperti tahun lalu, PPDB tahun ini, para calon peserta didik dapat memilih tiga sekolah saat mendaftar.

“Koordinatnya berganti dengan sistem tiga tahap, yakni tiga pilihan sekolah, dulunya dua sekolah. Secara otomatis, dia (siswa-red) akan otomatis lulus di sekolah yang dipilih sesuai dengan persyaratan,” terangnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Nielma Palamba mengatakan, tahun ini Disdik Makassar tidak lagi menggunakan provider Telkom sebagai penopang jaringan seperti tahun lalu.

Hal ini dilakukan, untuk menghindari gangguan jaringan dan server down, seperti yang terjadi pada pelaksanaan PPDB pada tahun sebelumnya.

“Kami Mandiri, tidak menggunakan provider, kami sudah mengidentifikasi semua permasalahan tahun lalu. Tidak mungkin kita jatuh pada hal yang sama, masalah jaringan,” jelas Nielma Palamba.

“Kemudian beberapa hal yang sudah diidentifikasi itu dievaluasi, sehingga Dinas Kominfo sudah antisipasi. Kita berharap hal-hal yang terjadi di tahun lalu tidak terjadi tahun ini,” harapnya.

Nielma pun mengungkapkan, bahwa persiapan pelaksanaan PPDB mencapai 80 persen, bekerjasama dengan Dinas Dukcapil, Diskominfo dan Dinsos Makassar.

“Persiapan kami kurang lebih 80 persen. Karena mengingat waktu, kami tetap konsisten untuk jadwal, karena tanggal 17 sudah mulai simulasi,” tutur Nielma Palamba. (Arman)

Pos terkait