Sebanyak 167 Peserta Diklat Latsar CPNS Toraja Utara Lulus

  • Whatsapp

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang menutup Kegiatan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Umum Golongan II dan Golongan III yang berlangsung dari 7 Juni sampai 28 September 2021, di Hotel Toraja Prince, Rabu (29/9/2021). (Ist)

UPOS, Toraja Utara – Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang menutup resmi Kegiatan Pelatihan Dasar (Latsar) bagi CPNS Umum Golongan II dan Golongan III yang berlangsung dari 7 Juni sampai 28 September 2021, di Hotel Toraja Prince, Rabu (29/9/2021).

Kegiatan Pelatihan Dasar CPNS ini merupakan kerjasama Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Toraja Utara dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulawesi Selatan ini diikuti oleh 168 peserta Diklat Pelatihan Dasar CPNS Umum dimana kegiatan ini dibagi menjadi 4 angkatan, yaitu angkatan 23, angkatan 24, angkatan 45 dan angkatan 46.

Dalam sambutannya, Sekertaris BPSDM Sulsel Drs. Tekken, M.M, memberikan ungkapan selamat kepada peserta yang lulus.

“Selamat kepada seluruh peserta pelatihan dasar, saya yakin kalian telah mendapatkan ilmu yang menambah wawasan kalian. Melalui pelatihan inilah kita dapat membentuk ASN yang kompeten,” ungkap Drs. Tekken, M.M.

Sekertaris BPSDM juga memberikan nasehat kepada seluruh peserta.

“Saya harap kalian jangan beranggapan mengikuti pelatihan ini hanya sekedar formalitas saja. Tapi segala ilmu yang didapatkan dapat di terapkan dalam tugas  sebagai ASN nantinya. Status PNS boleh berbangga, tetapi jangan menjadikan anda menjadi seorang yang sombong dan arogan, tetapi menjadi pelayan publik yang baik dan menjalankan tugasnya secara profesional. Saya harap pula, sebagai ASN harus menjadi teladan bagi keluarga dan masyarakat sekitarnya. Ingat, teruslah belajar dan terus belajar, tingkatkan kompetensi diri menjadi profesional. Dan pesan saya yang terakhir tunjukkanlah sikap Bela Negara, nilai nasionalisme dan menjadi seorang ASN yang anti Korupsi,” harapnya.

Dalam sambutan Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang mengungkapkan, agar seluruh ilmu yang didapatkan selama pelatihan mampu diimplementasikan.

“Seorang pelayan publik harus memiliki 3 hal, yaitu pintar, bijak dan punya hati. Saya harapkan ilmu yang didapatkan dalam pelatihan ini dapat di terapkan dalam menjalankan tugas dengan baik dan sepenuh hati serta siap ditempatkan di mana saja.
Selain itu saya berharap mulai dari sekarang seluruh peserta CPNS belajar untuk disiplin,” jelas Yohanis Bassang.

Lanjut Bupati, menuturkan, bahwa menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil harus mempunyai 4 point.

“Untuk menjadi seorang PNS yang sukses, harus mempunyai 4 point yaitu harus mampu menjalankan tugas dengan baik dan profesional, ke dua harus Berkarakter, ke tiga berpenampilan yang baik dan ke empat mampu berkomunikasi dengan seluruh pegawai di kantornya,” tambah Yohanis Bassang.

Menutup sambuatannya, Buapti menekankan agar bekerja dengan hati dan jangan mencampurkan politik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Menjadi pelayan publik harus melayani masyarakat dengan sepenuh hati, jangan sampai menyusahkan masyarakat. Urusan Politik jangan dibawa-bawa dalam pelayanan,” tutupnya.

Hasil evaluasi selama pendidikan dasar ini, sebanyak 167 peserta diklat dinyatakan lulus dari 168 peserta, dimana 167 peserta diklat terdiri dari Golongan III sebanyak 148 peserta dan Golongan III sebanyak 20 orang, dimana terdapat 97 peserta profesi Guru, 26 peserta profesi Kesehatan dan Teknis sebanyak 45 peserta. (Rahmad)

Pos terkait