Pemkab Luwu Berikan Bantuan Bibit Cabai dan Itik Ke Petani

Tangani Inflasi, Pemkab Luwu serahkan bantuan bibit Cabai dan Itik ke petani. Selasa (6/12/2022). (Ist)

UPOS, Luwu – Menindaklanjuti arahan Presiden RI, Joko Widodo yang mengharapkan pemerintah daerah melakukan penanganan atas terjadinya inflasi akibat kenaikan harga BBM yang juga berdampak pada kenaikan bahan pokok, Pemerintah Kabupaten Luwu intens melakukan pembinaan terhadap petani dan peternak untuk meningkatkan produksi dan mempertahankan pasokan.

Langkah konkrit dilakukan Pemkab Luwu, melalui sinergitas Dinas pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, dan Dinas Perdagangan dalam wadah Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Salah satu upaya yang dilakukan, dengan mengadakan kegiatan pengembangan kawasan Cabai di Desa Towondu Kecamatan Suli, Desa Sampano Kecamatan Larompong Selatan dan Desa Pasamai Kecamatan Belopa.

TPID Kabupaten Luwu yang dipimpin sekretaris TPID, Ahyar Kasim melakukan kunjungan ke lokasi kawasan Cabai di Desa Towondu Kecamatan Suli, Selasa (6/12/2022).

Dilokasi tersebut, Ahyar Kasim yang saat ini menjabat Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Setda Luwu, didampingi Kadis Pertanian, Albaruddin Andi Picunang dan Kabag Ekonomi, Hj. Irmawati menyerahkan bantuan bibit benih cabai, Mulsa Plastik dan pupuk organik cair.

“Ini salah satu langkah penanganan inflasi di Kabupaten Luwu. Atas kepedulian pemerintah daerah hari ini kita menyerahkan bantuan benih cabai untuk mengantisipasi kelangkaan sekaligus mempertahankan pasokan cabai di Kabupaten Luwu, semoga bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Ahyar.

Ahyar mengakui, meski dampak inflasi tidak terlalu besar di Kabupaten Luwu, tetapi pemerintah daerah terus melakukan sinergitas dengan pemerintah pusat dan provinsi dalam melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan produksi dan pasokan kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat.

“Insya Allah dalam waktu dekat kita akan kembali mengadakan pasar murah. Kita akan siapkan 2000 paket kebutuhan bahan pokok untuk kegiatan itu,” ungkap Ahyar.

Sementara itu, Kadis Pertanian menyebutkan jenis-jenis bantuan yang diberikan kepada Kelompok Bina Tani sebagai kelompok penerima bantuan di Desa Towondu.

“Untuk lahan seluas 10 Hektar, Kelompok Bina Tani kita berikan bantuan benih sebanyak 120 sachet, mulsa plastik 80 roll, pupuk NPK 2 ton dan pupuk organik cair 100 liter,” sebut Albaruddin.

Menerima Bantuan dari pemerintah daerah, salah seorang petani bernama Muhammad Arif mengungkapkan perasaan bahagianya.

“Bantuan ini sangat membantu kami, masyarakat yang ada di Dusun Topaga desa Towondu. Bantuan ini memberikan kami motivasi untuk menjadikan desa Towondu ini sebagai Kawasan Pengembangan Cabai di Kabupaten Luwu,” kata Arif.

Selain Bantuan benih Cabai, TPID Kabupaten Luwu juga memberikan bantuan itik sebanyak 1000 ekor kepada peternak di Desa To’balo yang tergabung dalam kelompok Sipakainga. (*)

Pos terkait