Pemilu 2024, Bawaslu Sulsel Mulai Identifikasi TPS Khusus

Ilustrasi Bawaslu.

UPOS, Makassar – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel, saat ini sudah mulai melakukan identifikasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Secara nasional, Bawaslu telah mengidentifikasi 3.189 lokasi khusus dan Sulsel ada sekitar 27 lokasi.

Komisioner Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad mengatakan, data 27 TPS khusus tersebut masih kemungkinan bertambah. Sebab, saat ini Bawaslu di daerah belum seluruhnya disampaikan ke Bawaslu Provinsi.

Berdasarkan data Bawaslu Sulsel yang menjadi TPS khusus, yakni Rumah Tahanan (Rutan) atau Lapas, rumah sakit, panti sosial dan beberapa tempat pendidikan yang diasramakan.

“Kan tempat-tempat semua itu harus difasilitasi. Tapi kemungkinan akan bertambah karena teman-teman sementara melakukan pemetaan dan masih bertambah,” terang Saiful Jihad, Senin (16/1/2023).

Dijelaskannya, ini dilakukan agar mereka yang ada di lapas maupun rutan hingga pondok pesantren bisa menyalurkan hak pilihnya di Pemilu 2024 mendatang.

“Mereka memiliki hak untuk memilih, jadi kami meminta agar KPU memberikan fasilitas kepada mereka (calon pemilih). Seperti juga rumah sakit harus ada TPS berjalan,” tegasnya. (*)

Pos terkait