Nominasi IGA 2022-2023, Balitbangda : Makassar Recover Sangat Baik, Memiliki Asas Manfaat Bagi Masyarakat

Kepala Balitbangda Kota Makassar, Andi Bhukti Djufrie. (Ist)

UPOS, Makassar – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar, telah memasukkan dan mengusulkan Makassar Recover masuk dalam Innovative Government Award (IGA) 2022-2023. Itu, berdasarkan kajian dan asas manfaat yang diberikan untuk masyarakat.

Kepala Balitbangda Kota Makassar, Andi Bhukti Djufrie, menyampaikan, Makassar Recover ini, merupakan ide Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

Hal ini, upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 di Makassar dan itu berhasil dilaksanakan. Bahkan, menjadi pilot project Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam penanggulangan Covid-19.

“Saya kira ini inovasi Bapak Wali Kota Makassar, Makassar Recover sangat baik, karena memiliki asas manfaat bagi masyarakat sehingga kami usulkan dan Alhamdulillah masuk nominasi inovasi IGA 2022-2023 mendatang,” ungkapnya, Rabu (7/12/2022).

Andi Bhukti menjelaskan, tak semua inovasi bisa langsung masuk dan didorong ke IGA. Semua harus dilihat berdasarkan asas manfaat. Seperti, peran kontainer Makassar Recover membantu menurunkan angka penyebaran Covid-19.

“Lewat kontainer Makassar Recover ini, penyebaran dipantau dengan menurunkan satgas yang juga bagian dari Makassar Recover,” jelasnya.

Dikatakan Andi Bhukti, dilakukan pengembangan Inovasi pascapandemi Covid-19 selesai dengan memanfaatkan kontainer tersebut, di dalamnya ada berbagai kegiatan.

Misalnya, sebagai tempat posyandu, sebagai tempat penyelesaian masalah kamtibmas, dan juga sebagai tempat pertemuan para pemangku kepentingan di kelurahan.

Diketahui, inovasi Makassar Recover ini, memiliki beberapa bagian tugas. Salah satunya kontainer yang disebar ke-153 kelurahan. Keberadaan Makassar Recover kemudian diganjar penghargaan pemerintah pusat melalui Kemendagri 2021. (*)

Pos terkait