Layanan Sisrute dan Telemedicine, Aliyah Mustika Ilham : Solusi Peningkatan Akses Masyarakat

Anggota DPR RI, Aliyah Mustika Ilham bersama Kementerian Kesehatan RI sosialisasi Tata Kelola Pelayanan Kesehatan, Pemanfaatan Layanan Sisrute dan Telemedicine bagi Masyarakat, di Kabupaten Maros, Sabtu (26/11/2022). (Ist)

UPOS, Maros – Anggota DPR RI, Aliyah Mustika Ilham bersama Kementerian Kesehatan RI, sosialisasikan tata kelola pelayanan kesehatan, pemanfaatan layanan Sisrute dan Telemedicine bagi Masyarakat.

Sosialisasi digelar di Hotel Grand Town Kabupaten Maros, dengan peserta dari pengurus TP PKK Kabupaten Maros, Sabtu (26/11/2022).

Anggota DPR RI, Aliyah Mustika Ilham bersama Kementerian Kesehatan RI sosialisasi Tata Kelola Pelayanan Kesehatan, Pemanfaatan Layanan Sisrute dan Telemedicine bagi Masyarakat, di Kabupaten Maros, Sabtu (26/11/2022). (Ist)

“Pemanfaatan Sisrute penting untuk dipahami oleh masyarakat, untuk meningkatkan kinerja fasilitas pelayanan kesehatan serta untuk mempercepat proses rujukan sesuai kebutuhan medis pasien dan kompetensi,” ucapnya.

Selain itu, Aliyah Mustika Ilham menyampaikan, untuk sosialisasi ini melibatkan pengurus TP PKK agar memudahkan penyampaian informasi keseluruh lapisan masyarakat.

Sisrute adalah sebuah inovasi dalam tata kelola pelayanan kesehatan terhadap masyarakat yang diharapkan dapat berjalan optimal demi terciptanya keselamatan pasien.

“Sisrute menjadi salah satu solusi peningkatan akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan transparan, adanya kejelasan perawatan pasien dari Fasyankes perujuk ke Fasyankes rujukan serta terintegrasinya sistem informasi rujukan pasien seluruh fasilitas pelayanan kesehatan,” tegasnya.

Sedangkan Telemedicine merupakan solusi, agar penyelenggaraan jaminan kesehatan nasional terus optimal. Terutama pelayanan jarak jauh bagi masyarakat yang sulit mengakses pelayanan kesehatan.

“Ini merupakan pelayanan kesehatan secara berjenjang dengan tata cara administrasi yang simpel dan tidak menyulitkan,” jelasnya.

Nampak hadir sebagai narasumber, antara lain Tim Kerja Pengelolaan Wahana Pendidikan dan Rumah Sakit Pendidikan, Kementerian RI, drg Indra Rahmat Darmawan,M.Km, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, dr H Muhammad Yunus, S.Ked, M.Kes.

Diakhir sosialisasi, diserahkan bantuan thermogun kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, dan juga bagi TP PKK Kabupaten Maros. (*)

Pos terkait