Jelang MotoGP 2022, Presiden Jokowi Tinjau Mandalika

  • Whatsapp

Presiden Jokowi mengendarai Kawasaki W175 custom, meninjau kesiapan beberapa infrastruktur perhelatan MotoGP Mandalika 2022, di Lombok, NTB, Kamis (13/1/2022). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

UPOS, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Mandalika, Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) siap menggelar ajang balapan MotoGP Mandalika 2022 pada Maret mendatang.

Jokowi telah meninjau kesiapan Bandara Zainuddin Abdul Madjid. Jokowi mengatakan bandara itu siap menyambut para penonton dengan protokol kesehatan ketat.

“Saya cek langsung kedatangan di bandara, kemudian proses yang ada di dalam bandara, saya lihat semuanya yang berkaitan dengan protokol kesehatan, berkaitan dengan cek PCR, cek vaksin dua kali semuanya, urutannya sudah bagus,” kata Jokowi dalam keterangan pers, di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (13/1/2022).

Jokowi juga mengecek infrastruktur penunjang gelaran MotoGP Mandalika 2022. Dia meninjau jalan bypass dari bandara menuju Sirkuit Mandalika menggunakan sepeda motor.

Menurut Jokowi, sudah banyak perubahan dengan pembangunan yang dilakukan. Namun ia meminta jalan menuju sirkuit dipercantik agar para tamu terkesan.

“Ini harus disiapkan. Saya minta tadi, Februari semuanya sudah bisa diselesaikan,” ujar Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo itu juga mengecek kesiapan penginapan dalam menyambut MotoGP Mandalika. Jokowi mengatakan penginapan-penginapan yang dikelola masyarakat siap menjadi akomodasi para penonton.

Presiden Jokowi mengendarai Kawasaki W175 custom, meninjau kesiapan beberapa infrastruktur perhelatan MotoGP Mandalika 2022, di Lombok, NTB, Kamis (13/1/2022). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

“Beberapa desa di sekitar sirkuit Mandalika telah dibangun homestay yang dibantu pemerintah pusat, disiapkan pemda, sekarang siap 300 homestay,” tutur Jokowi.

Sirkuit Internasional Mandalika akan menjadi arena balapan MotoGP Mandalika 2022 pada Maret mendatang. Gelaran itu kali pertama Mandalika menjadi tuan rumah MotoGP.

Pada November lalu, Mandalika juga menjadi tuan rumah ajang balapan internasional. Saat itu Sirkuit Mandalika menggelar balapan terakhir Superbike World Championship (WSBK) musim 2021.

Untuk diketahui, Sirkuit Internasional Mandalika memiliki total kapasitas penonton sebanyak 63.534 orang per hari, yang terdiri dari kategori Premiere Class, Deluxe Class, Premium Grandstand, Standard Grandstand, dan General Admission.

Presiden Jokowi menjajal jalan Bypass Bandara Internasional Lombok-Mandalika menggunakan motor custom. Motor yang berwarna hijau metalik tersebut merupakan motor Kawasaki W175.

Selain itu, Jokowi juga terlihat menggunakan jaket custom bertema G20 Indonesia. Jaket yang berwarna dominan hitam dengan sedikit aksen warna hijau tua di bagian lengan dan bahu tersebut adalah buatan produsen lokal asal Kota Bandung, Rabbit and Wheels. (*)

Pos terkait