HUT Belopa ke-15, Basmin Mattayang Paparkan Kekayaan Alam Luwu

0 Komentar

UPOS, Luwu- Bupati Luwu, Dr. H. Basmin Mattayang, memaparkan potensi kekayaan alam di Kabupaten Luwu, saat berbicara di peringatan Hari Jadi Kota Belopa sebagai ibu kota Kabupaten Luwu yang ke-15, pada Sabtu, 13 Februari 2021, kemarin.

Disebutkan Basmin Mattayang, Luwu memiliki potensi alam yang cukup besar, mulai dari sektor pertambangan, pertanian, kehutanan, perkebunan, peternakan hingga perikanan fan kelautan yang terbentang luas.

“Sektor pertambangan Kabupaten Luwu memiliki kandungan besi, emas, mika, galena, batubara dan tembaga. Depositnya ada di Kecamatan Bastem, Bastem Utara, Latimojong dan Walenrang,” sebutnya.

“Sektor pariwisata Kabupaten Luwu memiliki banyak destinasi wisata antara lain, Alam laut Buntu Matabbing, Ponnori, Pantai Maminta, Lapandoso, Air Terjun Sarambu Masiang, Air Terjun Gamaru Latimojong, Ir Terjun Gandang Batu, Gua Ilan Batu, Gua Andulan, dan masih banyak lagi potensi lainnya,” lanjutnya.

Kemudian kata Bupati Luwu, dua periode ini, sektor pertanian Kabupaten Luwu memiliki luas area persawahan di Kabupaten Luwu 33.330 hektar. “Ini tentu potensi besar yang akan menunjang Luwu untuk menjadi daerah penghasil beras terbesar di Sulsel dan menjadikan Luwu bahkan Sulsel sebagai daerah swasembada pangan,” katanya.

Sektor Perikanan dan Keluatan, terdapat potensi perkembangan udang windu, bandeng, rumput laut, berbagai jenis ikan laut dengan kualitas ekspor maupun sekedar untuk dikonsumsi masyarakat.

Lanjutnya, Kabupaten Luwu terpencar harapan dan menjanjikan masa depan yang cerah bagi masyarakatnya. Luwu dengan berbagai jenis ragam kekayaan alamnya akan membangkitkan motivasi yang tinggi untuk membangun dan menciptakan hari ini lebih baik dari hari kemarin.

“Untuk dinikmati generasi sekarang dan yang akan datang secara berlanjut dari generasi ke generasi. Itulah sebabnya pembangunan Kabupaten Luwu yang sedang dan akan kita laksanakan adalah pembangunan yang berwawasan lingkungan,” lanjutya.

Pada sektor transportasi telah cukup tersedia dan memadai. Sejumlah pembangunan jalan telah dirintis dan kembangkan. 

“Berkat perhatian Pak Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah bersama Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, sejumlah daerah terpencil di Kabupaten Luwu kini telah memiliki jalan beraspal yang bagus untuk dilalui,” ungkapnya.

Luwu juga memiliki Bandara Bua sebagai penunjang dan jantung transporasi cepat bagi masyarakat dan pengusaha atau investor bagi dalam daerah maupun luar daerah. Kehadiran Bandara Bua juga telah mampu mendorong percepat ekonomi masyarakat di Kabupaten Luwu bahkan daerah tetangga.

“Saya yakin, dengan pemanfaatan dan pengolahan sumber daya alam tersebut diatas dari berbagai sektor dan penunjang yang kita miliki secara maksimal diserta sentuhan tehnologi, akan mampung mendorong percepatan ekonomi masyarakat dan pembangunan di Kabupaten Luwu,” kuncinya.(Bs)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment