Gubernur Sulsel Serahkan Bantuan Rp27 M ke Toraja, Tuntaskan Pembangunan Wisata Ollon dan Subsidi Tiket

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, menyerahkan bantuan keuangan (BK) daerah Rp27 miliar ke Pemerintah Kabupaten Tana Toraja (Tator) untuk penuntasan jalan wisata Ollon dan subsidi pesawat rute Toraja – Balikpapan, di Bandara Pongtiku Tana Toraja, Selasa (27/12/2022). (Ist)

UPOS, Tana Toraja – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, menyerahkan bantuan keuangan (BK) daerah Rp27 miliar ke Pemerintah Kabupaten Tana Toraja (Tator) untuk penuntasan jalan wisata Ollon dan subsidi pesawat rute Toraja – Balikpapan, di Bandara Pongtiku Tana Toraja, Selasa (27/12/2022).

Andi Sudirman mengatakan, bantuan keuangan ini dapat digunakan untuk menuntaskan pembangunan jalan ke objek wisata Ollon tahun 2023. Dirinya berharap dengan hadirnya jalan itu, destinasi Wisata Ollon bisa diakses semua kendaraan.

“Rp27 miliar Tahun Anggaran 2023 kita serahkan bantuan keungan Provinsi Sulsel kepada Pemkab Tana Toraja untuk penuntasan jalan wisata Ollon,” kata Andi Sudirman.

Dilaporan ke gubernur, progres terakhir 5 Kilometer sudah 90 persen teraspal. Masih terdapat 6 Kilometer yang akan dikerja. Sehingga diharapkan di tahun 2023 dapat tuntas dan kendaraan mobil sudah bisa masuk mengakses ke Ollon.

“Target tuntas jalan menuju Ollon 2023 dapat dilakukan pada semester pertama di tahun 2023,” ujar Andi Sudirman.

Sementara itu, bantuan subsidi tiket yang telah digulirkan tahun ini, tetap akan dilanjutkan tahun depan. “Bantuan ini juga untuk subsidi tiket pesawat rute Toraja – Balikpapan,” sebutnya.

Diketahui untuk tahun 2022 ini, Pemprov Sulsel sudah menggelontorkan bantuan keuangan senilai Rp22,5 miliar untuk Pemkab Tana Toraja. Bantuan itu untuk pengerjaan tahap awal pembangunan jalan ke Ollon.

Keberadaan di kabupaten yang termasyhur dengan objek wisata dan budayanya ini, dimanfaatkan Gubernur untuk memantau situasi Natal. “Kami sekaligus pada kunjungan kerja ini memantau situasi Natal di Toraja,” ucapnya.

Selain itu, Andi Sudirman juga menyempatkan meninjau produk pertanian unggulan dari Tana Toraja, seperti Kopi Toraja dan Lombok Katokkong, di Pameran Pangan Lokal Tana Toraja.

Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung memberikan apresiasi kepada Gubernur Sulsel atas kepeduliannya dalam membangun pariwisata di Toraja.

“Kami terus membangun destinasi wisata baru, seperti Sarira di Makale Utara dan Ollon di Bonggakaradeng. Terima kasih atas bantuannya Pak Gubernur. Semoga tahun depan bisa dituntaskan,” ungkap Theofilus.

Dirinya bahkan mengajak Gubernur Andi Sudirman Sulaiman, untuk berkemah di Ollon jika akses jalan sudah seratus persen dikerjakan tahun depan. (*)

Pos terkait