Berbagai Tradisi Imlek di Indonesia, Unik dan Penuh Makna!

UPOS – Tradisi Imlek memang sangat unik dan selalu menarik. Namun tahukah anda, jika berbagai tradisi tersebut tidak hanya dilakukan begitu saja? Namun banyak filosofi yang menjadi latar belakangnya.

Itulah mengapa, ketika anda melihat perayaan Imlek, perayaan ini memang sangat kental dengan budaya leluhur yang masih dipertahankan dengan baik hingga saat ini.

Untuk anda yang belum tahu, Imlek sendiri jatuh pada bulan Januari hingga Februari pada kalender masehi. Itulah mengapa, banyak mitos yang berhembus jika Imlek selalu mendatangkan hujan, padahal bulan-bulan tersebut memang berada pada musim hujan atau musim dingin.

Mari kita lihat, hal menarik apa saja yang bisa anda lihat ketika menjelang perayaan Imlek bagi Tionghoa ini.

Macam-macam Tradisi Unik Saat Imlek

  • Membersihkan Rumah

Bukan asal membersihkan rumah, tapi warga Tionghoa percaya jika membersihkan rumah adalah mengusir keburukan dari rumah mereka. Saat membersihkan rumah juga dilakukan sebelum perayaan Imlek, karena jika dilakukan saat perayaan justru akan menghalangi datangnya keberuntungan.

  • Menyediakan Makanan Khas Imlek

Tradisi Imlek yang selanjutnya adalah menyediakan makanan khas Imlek, seperti kue keranjang, buah jeruk hingga pangsit.

Makanan-makanan ini memiliki filosofi yang berbeda. Namun semuanya bermakna untuk keberuntungan, kebahagiaan hingga kesehatan untuk semua anggota keluarga di tahun yang baru.

Bahkan, penyediaan makanan ini juga mengikuti jumlah shio. Sehingga, dalam jamuan perayaan Imlek, minimal ada 12 menu berbeda yang disajikan untuk dimakan bersama.

  •  Dekorasi Nuansa Warna Merah dan Emas

Perayaan Imlek memang sangat kental dengan nuansa merah dan emas. Dua warna ini memiliki makna khusus bagi keturunan Tionghoa. Warna merah melambangkan kekuatan dan kesejahteraan. Sedangkan warna emas melambangkan kekayaan, kebahagiaan dan kemakmuran.

  •  Tidak Membalik Ikan Ketika Memakannya

Ini adalah tradisi Imlek yang cukup unik. Ketika kumpul keluarga dan makan bersama, anda akan mendapati orang Tionghoa tidak memakan ikan di bagian bawah dan menyisakan sebagiannya untuk esok hari.

Ini dianggap sebagai pembawa keuntungan pada tahun baru yang akan datang.

  •  Pertunjukkan Barongsai dan Liong

Tidak hanya menjalan ibadah saja, tapi orang Tionghoa juga memberikan pertunjukkan barongsai dan liong yang sangat memukau.

Pertunjukkan ini sendiri bermakna sebagai pengusiran roh-roh jahat. Selain itu, tarian-tarian barongsai dan liong sendiri juga melambangkan kebahagiaan dan keberuntungan.

Itulah mengapa, pertunjukkan ini selalu digelar setiap Imlek dan selalu terlihat meriah.

  •  Bagi-bagi Angpao

Selain membagikan hampers khas Imlek, tentu anda juga tahu tradisi bagi angpao ini, bukan? Bagi-bagi angpao ini, umumnya memang hanya diberikan pada anak-anak dan para orang tua saja.

Selain itu, jumlah nominal di dalamnya juga tidak boleh mengandung angka 4. Mengapa demikian? Ini dikarenakan pengucapan angka 4 dalam bahasa China terdengar seperti “mati”.

Itulah mengapa, angka 4 juga dianggap sebagai lambang kesialan.

 Anda juga akan merayakan Imlek dalam waktu dekat? Jangan khawatir, karena ada Blibli yang menyediakan angpao imlek Terlengkap.

Banyaknya pilihan tentu akan memudahkan anda mendapatkan barang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, anda juga bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau karena banyaknya promo dan gratis ongkos kirim ke semua daerah di Indonesia.

Kemudian, untuk menjamin keamanan barang selama pengiriman dan kenyamanan anda, Blibli juga memberikan fitur asuransi yang bisa digunakan kapan saja dengan klaim yang mudah.

Bagaimana? Mudah bukan? Tradisi Imlek memang sangat penuh makna, inilah yang juga menjadi daya tarik tersendiri. (*)

Pos terkait