Api Menjilat Pasar Sentral Makassar, 931 Lods Pedagang Terdampak

Pasar Sentral Kota Makassar kembali terbakar, yang beralamat Jl Agus Salim, Kecamatan Wajo, Makassar, Selasa (27/12/2022) malam. (tangkapan layar)

UPOS, Makassar – Pasar Sentral Kota Makassar kembali terbakar, yang beralamat Jl Agus Salim, Kecamatan Wajo, Makassar, Selasa (27/12/2022) malam.

Informasi yang dihimpun, Blok B menjadi titik kebakaran dimana terdapat 931 lods pedagang terdampak.

Pasar Sentral Kota Makassar kembali terbakar, yang beralamat Jl Agus Salim, Kecamatan Wajo, Makassar, Selasa (27/12/2022) malam. (tangkapan layar)

Direktur Utama (Dirut) Pasar Makassar Raya (PD Pasar) Ichsan Abdul Hussein menjelaskan, bahwa dirinya menerima laporan Pasar Sentral Kota Makassar terbakar sekira pukul 19.02 Wita. Artinya, kata dia, kejadian itu diperkirakan sebelum pukul 7 malam.

“Usai mendapat laporan, saya langsung meluncur dan berkoordinasi dengan Damkar, Polres Pelabuhan terus saya melaporkan langsung ke Pak Walikota atas kejadian ini,” kata Ichsan.

Dia menjelaskan, pedagang yang terdampak mayoritas pemilik tekstil. Ada 931 lapak Blok B terbakar.

“Jadi ini potensi lods yah bukan jumlah pedagang. Rata-rata menjual pakaian, hampir semua tekstil,” ucapnya.

Pihaknya menyerahkan ke pihak berwajib untuk menelusuri peristiwa kebakaran Pasar Sentral. “Saya akan kawal kejadian ini sampai tuntas,” terangnya.

“Ini yang terbakar los di Blok B, kalau data potensi kami untuk blok B selatan istilahnya ini 931 yang terdampak. Data potensi kami los ya, kios, bukan jumlah pedagang,” ungkap, Ichsan Abdul Hussein.

Menurut Ichsan, Lapak dan Kios yang terbakar rata-rata penjual pakaian, gorden, hampir semua tekstil.

Dikatakan, pihaknya hingga saat masih menunggu proses pemadaman. Ichsan juga masih menunggu penyelidikan polisi di lokasi terkait penyebab kebakaran.

“Saya masih tunggu hasil penyelidikan dari pihak kepolisian. Saya akan koordinasi terus dengan pihak kepolisian,” tegasnya.

Saat ini kios-kios yang terbakar sudah padam. Damkar Makassar mulai melakukan pendinginan.

Kasubsipenmas Sihumas Polres Pelabuhan Makassar, Aipda Adil melalui keterangannya membenarkan kebakaran tersebut. Dikatakan, hingga saat ini petugas masih berusaha memadamkan api.

“Iya betul terbakar lapak pedagang yang bangunannya pas di pinggir jalan. Sekarang ini petugas masih berusaha memadamkan api,” jelasnya. (*)

Pos terkait