Alhamdulillah, Relawan Prof Husain Syam Pecah Rekor Ramadan 2022

Relawan Prof Husain Syam, yang menggelar Road Show Ramadhan di Sulawesi Barat, berhasil memecahkan rekor, bersihkan sebanyak 212 masjid, Selasa (26/4/2022). (Ist)

UPOS, Majene – Relawan Prof Husain Syam, yang menggelar Road Show Ramadhan di Sulawesi Barat, berhasil memecahkan rekor.

Jika tahun lalu tercatat sebanyak 162 masjid yang berhasil mereka bersihkan, maka tahun ini jumlah masjid meningkat drastis.

“Alhamdulillah, lebih banyak dibanding tahun lalu. Di ramadhan kali ini jumlah masjid yang kita bersihkan sebanyak 212 masjid,” terang Koordinator Relawan The Profesor, Maulana Yusdianto, Selasa (26/4/2022).

Menurut Maulana, hari ini merupakan hari terakhir pelaksanaan Road Show Ramadhan Prof Husain Syam (PHS) di Sulawesi Barat.

“Kami mulai tanggal lima April lalu dan hari ini, tanggal 26 April, kami mengakhiri kegiatan amaliyah ramadhan ini di masjid tertua di Mandar, yakni Masjid Purbakala Syekh Abdul Mannan Salabose. Ini menjadi masjid ke 212 yang kami bersihkan di Sulbar pada ramadhan tahun ini,” papar Maulana.

Maulana menambahkan, bahwa rangkaian pelaksanaan Road Show PHS hari ini ditutup dengan pembagian takjil di lampu merah Baharuddin Aco, Majene.

Road Show Ramadhan Prof Husain Syam (PHS) adalah kegiatan amaliyah ramadhan yang diprakarsai oleh Rektor Universitas Negeri Makassar, Prof Husain Syam.

Selain bersih masjid, para relawan PHS juga menggelar bagi takjil, menyemprot masjid dengan disinfektan, serta pembagian Alqur’an.

Diketahui, sama seperti tahun lalu, pada ramadhan kali ini, Road Show Ramadhan PHS mengambil titik start dari daerah Paku di Selatan yang berbatasan dengan Kabupaten Pinrang Sulsel, hingga di Suremana di Utara yang berbatasan dengan Kabupaten Donggala, Sulteng.

Tujuan aksi bersih masjid yang merupakan ide Prof Husain Syam tersebut, yakni agar umat Islam, khususnya di Provinsi Sulbar bisa lebih khusyuk beribadah shalat, termasuk saat ramadan hingga Idul Fitri.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan Tim Relawan PHS dan telah berlangsung selama dua tahun.

Relawan Prof Husain Syam adalah wadah bagi para relawan kemanusiaan yang dibentuk oleh Prof Husain Syam, untuk misi kemanusiaan dan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan.

Pada gempa bumi Sulbar bulan Januari 2021 silam, Relawan Prof Husain Syam tak hanya menyalurkan bantuan ke daerah terdampak. Mereka juga mengirim sejumlah psikolog dan psikiater untuk membantu pemulihan dampak psikologi para korban gempa, termasuk mengirim tim yang bertugas sebagai Tim SAR. (*/Lana)

Pos terkait