Ditangan Husler -Irwan, Negara Naikkan Level Luwu Timur

oleh

UPOS,Luwu Timur – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, Arman Sahri Harahap menyerahkan Penghargaan Sertifikat Apresiasi Level 3 Kapabilitas APIP Inspektorat Kabupaten Luwu Timur.

Luwu Timur dinyatakan satu-satunya daerah di Wilayah Luwu Raya dan Toraja yang mendapat penghargaan ini. Di Sulawesi Selatan Tiga Kabupaten saja yang mendapat pengakuan inj. Yakni Kab.Gowa, Sidrap dan Luwu Timur.

” Jadi siap-siap saja Luwu Timur akan menjadi TujUan Study Banding dan bisa juga membuat Penilaian Opini dari Pengelolaan Anggaran ” Ujar Sahri Harahap saat di konfirmasi usai acara penyerahan Sertifikat Apresiasi Level 3 di Aula Rumah Jabatan Bupati , Kamis ( 13/6/2019)

Lanjut dijelaskannya, pada.saat Luwu Timur dinyatakan berhak dan memenuhi syarat kafabelitasnya masuk Level 3 Tidak satupun ada perbaikan dokumen. ” Ini luar biasa “Tandas Sahri Harahap

Sebelumnya Kab Seleman dan Sidrap juga mendapatkan sertifikat Level 3 . Tapi ada perbaikan persyaratan makanya sertifikatnya agak lamban baru bisa diaerahkan.

Di Indonesia ada sekitar 500 lebih Kepala Daerah, 34 Pemerintah Provinsi, 98 Kota termasuk Kota Aministratif dan 416 Kabupaten.Menariknya tiga daerah yang lulus Level 3 ini dari Sulawesi Selatan sebanyak tiga Kabupaten , ini menandakan Sulsel komitmen dalam melakukan pengawasan dan pengemdalian Anggaran Daerah.

Penilian untuk masuk dalam Level 3 ini, tidak mudah, ini butuh komitmen dan integritas yang kuat.” Ini bukan sesuatu yang instan ya ” Ungkap Sahri Harahap

Dengan keberhasilan ini, BPKP menyatakan Inspektorat Luwu Timur sudah mampu menilai aspek aktifitas efisiensi ekonomi di satu daerah, kemudian Inspektorat Luwu Timur sudah dianggap layak memberikan jasa konsultasi dibidang Tata kelola Manajemen Resiko artinya Inspektorat Luwu Timur sudah bisa menjadi tempat untuk meminta opini.

Bupati Luwu Timur, Muhammad Thorig Husler saat dikonfirmasi mengucapkan syukurnya karena Luwu Timur sudah jauh membuat lompatan – lompatan prestasi. Sehingga Lutim secara Nasional sudah bisa bersaing dengan Kabupaten Kota di Indonesia.

Dengan masuknya Lutim masuk Level 3 dalam hal Pengawasan dan Pengendalian Anggaran, ini menanadakan sudah ada perubahan kinerja di masing -masing OPD di Lutim.

” Ini akan kita pertahankan dan akan kita tingkatkan terus, ” Ujar Husler

Husler juga bangga karena BPKP sudah merekomendasikan Lutim salah satu daerah di Indonesia yang menjadi tujuan study Banding terkait transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan Pemerintahan dan pengawasan internal. ( UjungpandangPos/***)