Dikeluhkan Petani Soal Harga Merica Pak Gub Jawab Tenang Saja , Begini Alasannya

0 Komentar

UPOS, Luwu Timur – Warga yang berada di seberang Danau Towuti mengadu ke Gubernur Sulawesi Selatan soal harga Merica yang tidak berpihak kepetani . Warga berharap Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bisa mendatangkan ivestor dan melakukan intervensi harga sehingga harga Lada menjadi mahal kembali .

” Sekarang ini pak petani Lada di Towuti ini terpuruk, harganya sangat dibawah standart, kalau boleh Pak Gub bisa membantu kami memfasilitasi mendatangkan investor dan melakukan intervensi sehingga harga merica kembali mahal . ” Ujar Ikbal Kepala Desa Bantilang , saat berdialog dengan Nurdin Abdullah saat melakukan Kungker ke Lima Desa di Seberang Danau Towuti, Jumat ( 23/10/2020 ) .

Menurut Ikbal, semenjak anjloknya harga merica tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat di seberang danau Towuti menurun drastis . Banyak lahan lada warga terbengkalai karena ongkos perawatan kebun sangat tidak sesuai dengan harga jual lada .

Selain itu di Seberang Danau Towuti ini juga tidak memiliki pasar, sehingga untuk aktivitas perputaran ekonomi hampir tidak ada bagi warga yang tinggal di seberang Danau Towuti ini . ” Olehnya itu Pak Gub kiranya kami dibantu satu pasar sehingga ada aktivitas perekonomian diseberang danau ini . ” Kata Ikbal .

Mendengar itu, Nurdin Abdullah mengatakan, soal harga merica jangan khawatir, akan tiba waktunya harganya akan mahal kembali . Pertimbangannya karena jumlah penduduk dunia semakin bertambah, dengan demikian kebutuhan akan rempah-rempah sudah pasti meningkat. Sementara negara yang memiliki lada berkualitas sangat terbatas . ” Insa Allah akan naik lagi itu harganya nanti . ” Ungkap Nurdin Abdullah .

Terkait harga lada ini juga , Pemerintah provinsi Sulawesi Selatan juga sudah berusahan membangun jaringan pemasaran hasil rempah Sulsel termasuk merica ini . Mudah-mudahan harga merica ini bisa naik terus sehingga akan memperbaiki kesejahteraan masyarakat kita, Kata .Nurdin Abdullah.

Agar perputaran ekonomi terjadi di seberang Danau Towuti, Nurdin Abdullah menjanjikan akan membangun sebuah pasar . Dipasar inilah akan terjadi transaksi ekonomi secara langsung. Kemudian warga tidak perlu lagi jauh-jauh ke Timampu untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari .

” Saya bangunkan nanti satu pasar, termasuk mesjid dan sebuah SMA . Tanda jadinya 1 M nanti kita bantu untuk pembangunan Mesjid dulu ya . ” Pungkas Nurdin Abdullah yang disambut aplus warga .

Kungker di seberang danau ini Nurdin Abdulah mendatangi Desa Tokalimbo, Bantilang, Masiku, Rante Angin, Loeha . Dalam kungkernya ia didampingi oleh Pjs. Bupati Luwu Timur, Jayadi Nas, Anggota DPRD Lutim, Usman Sadik, Kadis PUTR Sulsel, TGUPP Sulsel, Kadis Pariwisata Sulsel, OPD terkait. ( UjungpandangPos/***)

Penulis : ***
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment