Tim Gugus Tugas Sosialisasi Gerakan Disiplin Nasional

0 Komentar

UPOS, Luwu– Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Luwu melakukan Sosialisasi dan Edukasi kepada para kepala desa beserta seluruh kepala dusunnya dari enam desa se Kecamatan Bua, yakni Desa Bukit Harapan, Desa Lengkong, Desa Toddopuli, Desa Lare-lare, Desa Karang-karangan dan Desa Tanarigella di lokasi obyek wisata Wai Toddo, desa Bukit Harapan Kecamatan Bua, Minggu (19/7/2020).

Sebelum melakukan sosialisasi, terlebih dahulu Tim Gugus Tugas melakukan olahraga dengan bersepeda menjajal jalur perbukitan di desa Bukit Harapan yang diikuti oleh Bupati Luwu, H Basmin Mattayang selaku Ketua Tim Gugus Tugas, Kapolres Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto selaku Ketua Pelaksana Harian, Wakil Ketua II DPRD Luwu, Zulkifli, Para Kepala OPD, Kepala Desa, Kepala Dusun dan komunitas sepeda Kabupaten Luwu.

Bupati Luwu dalam sambutannya mengatakan, Sosialisasi dan Edukasi gerakan disiplin nasional bentengi diri dari Covid-19 ini sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor : 440/3160/SJ tentang Optimalisasi Pelaksanaan Penerapan Protokol Kesehatan Penanganan virus disease (Covid-19).

“Sosialisasi dan edukasi ini berdasarkan Surat Edaran Mendagri yang mengharapkan Pemerintah Daerah dan Tim Gugus Tugas agar secara masif melakukan edukasi dan sosialisasi Gerakan Disiplin Nasional Bentengi Diri dari Covid-19 kepada masyarakat. Kegiatan semacam ini akan dilakukan secara berjenjang dan bertahap, yakni mulai dari tingkat pemerintah kabupaten sampai tingkat pemerintah desa”, kata H Basmin Mattayang.

Ada beberapa hal yang menjadi materi dalam sosialisasi dan edukasi Gerakan Disiplin Nasional Bentengi Diri dari Covid-19, salah satu diantaranya adalah bagaimana menjaga kesehatan tubuh dengan cara berolahraga.

“Sebelum kita berada ditempat ini melakukan sosialisasi, terlebih dahulu kita melakukan olahraga bersepeda santai mulai dari gerbang hingga ke lokasi ini, tujuannya adalah dengan berolahraga kita dapat menjaga kebugaran tubuh sebagai salah satu upaya membentengi diri dari Covid-19. Tadi juga pak Kapolres mencontohkan cara pemakaian masker saat kita berolahraga. Ini semua sebagai bentuk edukasi”, lanjut H Basmin Mattayang.

Kapolres Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto, Wakil Ketua II DPRD Luwu, Zulkifli dan Sekretaris Dinas Kesehatan, dr Rosnawari Basir secara bergantian menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi dan edukasi dengan topik materi yang mengacu pada penerapan protocol kesehatan dalam menghadapi tatanan kehidupan baru (New Normal) dengan melakukan adaptasi kebiasaan baru seperti selalu menggunakan masker, jaga jarak, selalu mencuci tangan menggunakan sabun atau pencuci tangan lain seperti handsanitizer. Menjaga imunitas tubuh dengan makan makanan bergizi serta minum vitamin C dan E, rajin berolahraga dan selalu menjaga kebersihkan rumah, peralatan dan lingkungan.

Penulis : *
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment