Toraja Highland Festival, Pemkab Torut Raih Dua Penghargaan dari BI dan OJK

  • Whatsapp

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, SE., M.Si mendapat Piagam Penghargaan kategori Pemerintah Daerah dengan Porsi Pendapatan QR Code Standard Indonesia (QRIS) Terbanyak dan Penghargaan TPAKD sebagai TPKAD Pertama Pelaksanaan Bulan Inklusi Keuangan Tahun 2021 oleh Bank Indonesia, Senin (4/10/2021). (Ist)

UPOS, Toraja Utara – Grand Opening Ceremony Toraja Highland Festival, yang dipusatkan di aula Misliana Hotel, dengan tema “Sinergitas Antarlini Membangun Pariwisata Untuk Pemulihan Ekonomi Nasional”, Senin (4/10/2021).

Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, mendapatkan dua penghargaan yang diserahkan langsung Direktur Departemen Statistik Bank Indonesia, Fadjar Majardi dan Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional VI Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua), Muh. Nurdin Subandi.

Kedua penghargaan tersebut adalah Piagam Penghargaan kategori Pemerintah Daerah Dengan Porsi Pendapatan QR Code Standard Indonesia (QRIS) Terbanyak dan Penghargaan TPAKD sebagai TPKAD Pertama Pelaksanaan Bulan Inklusi Keuangan Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia.

Yakni memperingati Bulan Inklusi Keuangan yang diterima langsung Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik V. Palimbong, ST dan Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara Drs. Rede Roni Bare, M. Pd.

Sambutan Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, SE., M. Si disampaikan secara virtual, “Pelaksanaan event ini tentu dilakukan berdasarkan protokol kesehatan mengingat Kabupaten Toraja Utara berada di PPKM Level 2 dan tingkat kematian yang ada di Toraja Utara berada di posisi nol Covid-19,” ucap Yohanis Bassang.

“Kita bangkit dari keterpurukan akibat Pandemi Covid-19 begitu cukup lama sehingga kita bangkit kembali untuk memutus mata rantai penyebaran Pandemi Covid-19 sesuai terapan Pemerintah Pusat dan Puji Tuhan perkembangan Covid-19 di Toraja Utara mengalami penurunan hingga tingkat kematian diposisi Nol (0) di dukung adanya vaksinasi massal yang sangat membantu Pemerintah Kabupaten Toraja Utara untuk menurunkan Pandemi Covid,” tambah Yohanis Bassang, secara virtual dalam kegiatan THF 2021.

“Event ini tentu memperkenalkan adat, budaya dan pariwisata Toraja Utara sehingga wisatawan dapat hadir menyaksikan adat istiadat yang dimiliki Toraja Utara disisi lain memperkenalkan adat dan budaya di Indonesia serta mendongkrak perekonomian UMKM, semoga kehadiran Bapak/Ibu dapat membantu menggairahkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi di Toraja Utara,” sambut Bupati Toraja Utara.

Senada yang diutarakan Bupati Torut secara virtual, Wabup Toraja Utara Frederik V. Palimbong, ST menyampaikan, “Ucapan terima kasih kepada segenap jajaran, panitia penyelenggara THF, para Pejabat dari OJK, para Pejabat Bank Indonesia, para sponsor dan semua stakeholder yang telah memberikan dukungan sehingga pelaksanaan Grand Opening Ceremony Toraja Highland Festival 2021 dapat berlangsung dengan baik,” ucap Wabup Torut.

“Hari ini Pemerintah Kabupaten Toraja Utara mendapatkan dua penghargaan yaitu Piagam Penghargaan kategori Pemerintah Daerah Dengan Porsi Pendapatan QR Code Standard Indonesia (QRIS) Terbanyak dan Penghargaan TPAKD sebagai TPKAD Pertama Pelaksanaan Bulan Inklusi Keuangan Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia memperingati Bulan Inklusi Keuangan,” terang Frederik V. Palimbong.

Sambutan Direktur Departemen Statistik Bank Indonesia, Bpk Fadjar Majardi, “Kami memandang kegiatan ini sebagai kontekstual dimasa Pandemi bagaimana menggairahkan kembali sektor UMKM dan mampu beradaptasi dimasa sulit ini,” kata Fadjar Majardi.

“Komitmen Bank Indonesia tentu mendukung dan meningkatkan kapasitas dibidang pemasaran, digitalisasi UMKM, Inovasi dalam mendorong akselerasi UMKM menuju New Normal sehingga mendorong UMKM dapat naik kelas, pola pembinaan Bank Indonesia dilaksanakan secara hulur ke hilir disisi lain BI juga mendorong digitalisasi transaksi,” tambahnya.

“Semoga kegiatan ini dapat berdampak positif secara berkelanjutan terhadap pemulihan ekonomi daerah,” imbuhnya.

Sambutan Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, S.T dalam acara Grand Opening Ceremony THF secara Virtual sambutnya, “Kita bersyukur di Sulawesi Selatan di Kabupaten Toraja Utara memiliki anugerah dan keindahan luar biasa di sektor Pariwisata dan Alam serta Budayanya yang unik sehingga menjadi daerah wisata tujuan di Sulsel,” kata Plt. Gubernur Sulsel.

“Mari kita berkolaborasi Pemerintah Sulawesi Selatan, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat untuk membangun negeri ini baik dari segi infrastruktur dan membangkitkan kembali sektor ekonomi di bidang UMKM,” ucap Andi Sudirman Sulaiman, dalam sambutannya secara Virtual.

Dalam kegiatan itu dihadiri Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan yang Membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara, SE., MBA dan Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional VI Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua), Muh. Nurdin Subandi bersama Sekretaris Provinsi Sulsel, Dr. Abdul Hayat, M. Si.

Wakil Bupati Tana Toraja dr. Zadrak Tombeg, Amri Mauraga, Direktur Utama Bank Sulselbar, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kab. Torut, para pejabat OJK, para pejabat dari Bank Indonesia, Para Bupati/Walikota, Sekda, Asisten Se Sulsel dan Ketua DPC MASATA Toraja Utara, Damayanti Batti Palimbong sekaligus panitia penyelenggara THF 2021. (*)

Pos terkait