Tips Memulai Bisnis Properti Modal 100 Juta

oleh -139 Dilihat
oleh
Bisnis Properti Modal 100 Juta
Bisnis Properti Modal 100 Juta

UJUNGPANDANG POS – Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan. Namun, banyak orang yang mengira bahwa bisnis properti membutuhkan modal yang besar dan sulit untuk dijalankan. Padahal, sebenarnya Anda bisa memulai bisnis properti dengan modal 100 juta atau bahkan kurang, asalkan Anda tahu caranya.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk memulai bisnis properti modal 100 juta.

1. Membeli Tanah

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari dan membeli tanah kosong yang dijual dengan harga terjangkau. Anda bisa mencari tanah yang berlokasi di daerah yang sedang berkembang, memiliki akses jalan yang baik, dan memiliki potensi kenaikan harga di masa depan. Anda bisa membeli tanah dengan harga yang dipatok per meter persegi, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan modal yang Anda miliki.

2. Mencari Rekan Kontraktor

Setelah Anda memiliki tanah, langkah selanjutnya adalah mencari rekan kontraktor yang bisa bekerja sama dengan Anda untuk membangun proyek hunian di atas tanah tersebut. Anda bisa mencari kontraktor yang sedang mencari lahan untuk proyek hunian mereka, atau menawarkan kerjasama dengan kontraktor yang sudah Anda kenal.

Anda bisa membagi keuntungan dengan kontraktor sesuai dengan kesepakatan yang Anda buat. Misalnya, Anda mendapatkan 40% dari penjualan rumah, sedangkan kontraktor mendapatkan 60%. Atau, Anda bisa menjual tanah Anda kepada kontraktor dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli.

3. Menggunakan Uang Muka dari Konsumen

Salah satu cara untuk menghemat modal Anda adalah dengan menggunakan uang muka dari konsumen yang tertarik untuk membeli rumah di proyek hunian Anda. Anda bisa menjual rumah dengan sistem indent, yaitu konsumen membayar sebagian harga rumah terlebih dahulu sebagai uang muka, kemudian membayar sisanya setelah rumah selesai dibangun.

Dengan cara ini, Anda bisa menggunakan uang muka tersebut untuk membayar biaya pembangunan rumah, seperti bahan baku, upah pekerja, dan lain-lain. Anda juga bisa mengatur jadwal pembayaran yang sesuai dengan kemampuan konsumen, misalnya cicilan per bulan, per tiga bulan, atau per enam bulan.

4. Memanfaatkan Internet dan Media Sosial untuk Promosi

Untuk menarik minat konsumen, Anda perlu mempromosikan proyek hunian Anda secara luas dan efektif. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan internet dan media sosial. Anda bisa membuat website, akun media sosial, atau iklan online untuk memperkenalkan proyek hunian Anda kepada khalayak ramai.

Anda bisa menampilkan foto-foto, video, atau tur virtual dari proyek hunian Anda, serta menulis spesifikasi, fasilitas, lokasi, harga, dan cara pembayaran rumah yang Anda tawarkan. Anda juga bisa memberikan testimoni dari konsumen yang sudah membeli rumah Anda, atau memberikan bonus, diskon, atau hadiah bagi konsumen yang melakukan transaksi dalam waktu tertentu.

5. Jangan Takut Bersaing dengan Para Developer Besar

Terakhir, Anda tidak perlu takut untuk bersaing dengan para developer besar yang sudah memiliki nama dan reputasi di dunia properti. Anda bisa menonjolkan keunggulan dan kelebihan proyek hunian Anda, seperti desain, kualitas, harga, lokasi, atau layanan purna jual. Anda juga bisa menawarkan nilai tambah yang tidak dimiliki oleh developer lain, seperti konsep ramah lingkungan, gaya hidup minimalis, atau komunitas yang harmonis.

Anda juga bisa membangun hubungan baik dengan konsumen Anda, dengan memberikan pelayanan yang ramah, profesional, dan transparan. Anda bisa menjawab pertanyaan, keluhan, atau saran dari konsumen dengan cepat dan solutif. Anda juga bisa memberikan garansi, perawatan, atau bantuan hukum bagi konsumen yang membutuhkan.

Demikian Tips Memulai Bisnis Properti Modal 100 Juta. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk memulai bisnis properti Anda sendiri.

No More Posts Available.

No more pages to load.