Syukuran HUT ke 64 Kodam Hasanuddin, Ini Kata Pangdam

UPOS, Makassar – Suasana perayaan puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Kodam XIV/Hasanuddin, yang dihadiri Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, S.H., didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV/Hasanuddin Ny. Indah Syafei, berlangsung di Balai Manunggal M. Yusuf, Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Rabu (02/06/2021), pukul 10.00 Wita.

Syukuran peringatan HUT ke-64 Kodam Hasanuddin, diselenggarakan secara sederhana sembari tetap menjalankan anjuran pemerintah melalui protokol kesehatan (prokes) tanpa mengurangi makna pada tujuan kegiatan.

Pangdam dalam sambutannya mengatakan, acara syukuran ini merupakan wujud rasa syukur dan ungkapan terima kasih keluarga besar Kodam XIV/Hasanuddin atas bertambahnya usia dalam mengabdikan darma baktinya kepada masyarakat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Peringatan HUT Kodam XIV/Hasanuddin bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, sehingga wahana seperti ini sekaligus mengajak kita untuk mengenang dan merefleksikan momentum sejarah yang telah dirintis oleh para pendiri bangsa yang telah berhasil meletakkan nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia yaitu Pancasila sebagai dasar negara sehingga keberagaman suku dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa yaitu Bhinneka Tunggal Ika,” tutur Pangdam.

“Sebagai prajurit Hasanuddin, kita patut meneladani semangat kejuangan para tokoh yang telah berperan dalam proses perumusan Pancasila yaitu kemauan untuk bekerja keras guna mewujudkan keinginan dan cita-cita luhur bangsa Indonesia yaitu membela dan mempertahankan NKRI,” ajaknya.

“Selain itu, momentum hari ulang tahun seperti ini hendaknya menjadi sarana efektif bagi seluruh prajurit Kodam XIV/Hasanuddin untuk lebih menumbuhkan rasa kebersamaan dan soliditas, serta meningkatkan kebanggaan terhadap satuan dan tidak pernah berhenti memacu dan menempa diri menjadi prajurit yang profesional,” paparnya.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, kita harus mampu meneladani karakter yang dimiliki oleh pahlawan Sultan Hasanuddin yang gagah dan berani serta gigih dalam berjuang. Hal tersebut hendaknya terpatri dalam diri setiap prajurit Hasanuddin sebagai generasi penerus yang harus memiliki sikap berani dan tangguh serta adaptif dalam menyikapi setiap perkembangan situasi dan kondisi, sesuai dengan tema HUT ke-64 tahun ini, yaitu “Membangun Kodam XIV/Hasanuddin yang profesional, adaptif, berani dan tangguh,” terangnya.

“Tema tersebut jangan hanya sebagai aksesoris semata, akan tetapi harus benar-benar diaplikasikan dan digelorakan dalam sanubari seluruh prajurit Hasanuddin, sehingga eksistensi Kodam XIV/Hasanuddin dapat berperan lebih optimal dalam menjalankan tugasnya sebagai alat pertahanan negara guna menjamin tetap tegaknya NKRI,” pungkas Mayjen Mochamad Syafei. (Arman)

Pos terkait