Sosialisasi Perbup Nomor 19 Tahun 2020, Ini Kata Pjs Bupati Torut

0 Komentar

UPOS, Toraja Utara– Dalam upaya menjaga kerusakan lingkungan dan ekosistim serta habitat kehidupan perairan umum yang lebih luas akibat eksploitasi, Pemkab Toraja Utara mengeluarkan peraturan Bupati nomor 19 Tahun 2020 tentang perlindungan sumber daya ikan dan perairan umum.

Hal itu terungkap saat Pjs Bupati Toraja Utara, Amzo Padolo membuka acara sosialisasi peraturan Bupati Nomor 19 Tahun 2020 yang berlangsung diKantor Dinas Perikanan Toraja Utara, Kamis (5/11/2020) yang dihadiri Sekretaris Daerah, Rede Roni, Kadis Perikanan, Daud Pongsapan, Asisten II, Kabag Hukum, para Kabid dan Lembang/Lurah.

Adapun para Kepala Lembang dan Lurah yang ikut sosialisasi mendapatkan materi yang dibawakan oleh Sekretaris Daerah Toraja Utara, Rede Roni dan Kepala Dinas Perikanan Toraja Utara, Daud Pongsapan.

Pjs Bupati Toraja Utara, Amson Padolo mengatakan pihaknya telah menerbitkan Peraturan Bupati nomor 19 Tahun 2020 tentang perlindungan sumber daya ikan diperairan umum Kabupaten Toraja Utara.

“Kami minta kepada para kepala lembang dan kelurahan yang berada di aliran 12 sungai di Kabupaten Toraja Utara yang hadir, usai mengikuti acara ini untuk melakukan sosialisasi kepada warga dalam mengurangi kerusakan sumberdaya ikan yang diakibatkan oleh penangkapan yang berlebihan dan pengunaan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan dan merusak ekosistim serta kerusakan habitat kehidupan perairan umum seperti pengunaan tenaga listrik (strom) dan bahan peledak, serta bahan kimia beracun berbahaya (formalin dan festisida), “ujar Amson Padolo.

“Jangan kita mendapatkan hasil yang akan dapat merusak orang lain, apa lagi melakukan penangkapan dengan mengunakan bahan peledak, “tutup Amson Padolo.


Sementara Sekretaris Toraja Utara Rede Roni mengatakan tugas pemerintah daerah melakukan pembinaan dan Penyuluhan, pendidikan serta penelitian dan pelatihan di bidang perikanan yang berkaitan pelestarian sumber daya ikan

Kita mau daerah ini dapat meningkatkan produksi ikan sendiri dengan memberi pembinaan dan menyediakan tempat ikan yang dijadikan percontohan di masing masing lembang dan kelurahan. Harapnya

Penulis : ALDI
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment