Server PPDB Kota Makassar Kerap Eror, Ini Tanggapan Plt Kadisdik

0 Komentar

UPOS, Makassar- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar mendapatkan banyak sorotan lantaran Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang tidak efektif menurut para orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya.

Keluhan yang paling terjadi pada server website yang seringkali eror.

Menanggapi hal itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Amalia Malik mengaku telah berusaha keras dalam menanggapi keluhan-keluhan yang terjadi terhadap sistem PPDB Kota Makassar.

“Sebenarnyakan dari awal kami sampaikan bahwa aplikasi ini kan aplikasi yang baru kita gunakan, tidak berarti pelayanan PPBD kita tidak persiapkan, tidak seperti itu, perisiapannya matang sekali dengan OPD yang terkait,” ucapnya

Amalia mengungkapkan jika pihaknya setiap malam telah mengevaluasi terkait sistem PPDB Kota Makassar.

“Hari kedua keluhannya agak berkurang, hari ketiga agak lumayan baik, hari keempat sudah lumayan bagus, itu karena evaluasi dengan infokom, jadi aplikasi ini tegantung dari jaringan yang sistem daring untuk pendaftarannya,”

Ia mengungkapkan waktu PPBD telah diperpanjangan atas persetujuan Pj Wali Mota Makassar lantaran banyak terjadi kesalahan

“Perbaikan karena mereka sudah punya akun tetapi mereka tidak bisa menguploud berkasnya, jadi setelah perbaikan, yang belum terakomodir dengan baik, itu bisa teakomodir dengan baik,” jelasnya.

Selain itu, Amalia mengaku jika sistem PPDB tahun ini lebih mempermudah orang tua dibanding tahun sebelumnya.

“Mereka memang tidak mencantumkan alamatnya, sehingga disistem itu 0 eror karena eror itu terlempar-lempar, tapi itu sudah dilakukan perbaikan, ditarik karena sudah ada alamat rumahnya pada saat dia uploud Kartu Keluarganya,” ucapnya.

“Justru dulu malah lebih kacau bisa saja ada permainan, tidak semua oknum cuman bisa saja untuk bisa menarik supaya jarak mereka dekat, sekarang tidak bisa dan apa bila operator d sekolah sudah menarik itu dia tidak bisankalau bukan dari dinas yang mengapprove, kalau dulu gampang,” sambungnya

Amalia berharap agar para orang tua siswa tetap melakukan pendafataran secara online untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan untuk mematuhi protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19. (*)

Berikut jadwal lengkap pendaftaran PPDB Kota Makassar:

Jalur Non Zonasi :

•1 – 6 Juli 2020 (Pendaftaran)
• 7 Juli 2020 (Pengumuman)
• 8 – 9 Juli 2020 (Pendaftaran Ulang)

Jalur Zonasi:
•13 – 18 Juli 2020 (Pendaftaran)
•19 Juli 2020 (Pengumuman)
• 20 – 23 Juli 2020 (Pendaftaran Ulang)

Masa Orientasi Siswa (MOS)
25 – 26 Juli 2020 (MOS Daring)
28 Juli 2020 (Hari Pertama masuk Sekolah)

Penulis : Nurul Ismi
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment