Sertijab, Ini Pejabat Kapolsek Biringkanaya yang Baru

UPOS, Makassar– Polrestabes Makassar, melaksanakan upacara serah terima jabatan Kapolsek Biringkanaya di Aula Mappaodang Porlestabes Makassar, Kamis (03/06/2021).

Mengingat saat ini sedang di berlakukan protokol kesehatan terkait virus covid 19, upacara serah terima jabatan hanya diikuti sedikit peserta terdiri dari Wakapolrestabes Makassar, para Kabag, Kasat dan Kapolsek jajaran dan beberapa perwakilan personil Polrestabes Makassar.

Dalam upacara ini, jabatan Kapolsek Biringkanaya yang sebelumnya diemban oleh Kompol Wayan Wayracana, SIK di serahterimakan kepada Kompol Rujiyanto Dwi Poernomo, SH, SIK.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana, SIK dalam sambutannya, mengatakan yang perlu kita sikapi bersama dari setiap serah terima jabatan maupun alih tugas merupakan hal biasa dan wajar dalam organisasi dalam rangka penyegaran promosi jabatan dan untuk jenjang karir anggota ke tingkat lebih tinggi, semua akan berganti semua ada waktunya, semua ada masanya,” ujar Kapolrestabes Makassar.

“Perlu di pahami oleh keberadaan polsek di jajaran Polrestabes Makassar, di harapkan betul-betul bisa menjadi frontliner lini terdepan ujung tombak dalam rangka menangani memelihara harkamtibmas, termasuk juga didalamnya mengolah potensi-potensi yang ada diwilayah dalam rangka kita terus bisa mendeteksi gangguan gangguan kemanan terutama di wilayah Biringkanaya,” paparnya.

Lanjut Kombes Pol Witnu Urip Laksana, keberadaan polsek sebagai basis deteksi ini kita tidak boleh lupa kita harus selaku ingat belum ada pencabutan perubahan terkait dengan polsek selaku basis deteksi dimana polsek bisa menjabarkan pola deteksi dini berangkat atau diawali dari mana.

Yang pertama, adalah dari intelijen dasar, kita bisa memahami bagaimana kondisi sosial yang tadi saya sampaikan seluruh aktivitas masyarakat mampu terekam dan terpotret dengan baik mampu dilakukan upaya deteksi aksi yang tajam terkait dengan intel dasar yang ada di polsek.

Yang kedua, berangkat dari apa yang disebut karakteristik kerawanan daerah, seorang kapolsek dan seluruh perangkat yang ada didalamnya harus mampu dan paham serta menguasai karakteristik kerawanan daerah masing – masuing apaya yang menjadi priortas yang perlu yangmenjadi fokus penanganan berdasarkan karakteristik kerawanannya.

Kemudian yang ketiga, diawali juga bagaimana kita melihat kalender kamtibmas baik skala nasional maupun skala lokal, Kalender kamtibmas yang dia berimpact, yang dia berdampak, yang ia akan mendapatkan relasi dari masyarakat, sehingga kita harus dilakukan langkah-langkah deteksi aksi, kemudian kita mampu memprediksi dari kalender kamtibmas ini diwilayah kita akan terjadi apa dampaknya.

Yang keempat, kita olah juga dari kriminalitas yang terjadi, laporan-laporan polisi, kasus kasus yang menjadi perhatian mansyarakat, kasus kasus menjadi perhatian pimpinan, kasus berulang terus dilakukan upaya-upaya penegakan hukum yang cepat.

“Terakhir yang kelima, seluruh kegiatan kegiatan rutin masyarakat setempat ini kita mampu melakukan upaya-upaya monitoring terkait dengan apa ada ancaman-ancaman atau potensi kerawanan akan terjadi,” pungkasnya.

“Kepada Kompol Wayan, saya ucapakan terima kasih atas segala dedikasi loyalitas pelaksanan tugas selama menjadi Kapolsek Biringkaanya, yang saya nilai baik mampu dan bisa meminimalisir betul-betul gangguan keamanan yang ada disana, saya ingin apa yang sudah dilakukan pencapaian-pencapaian positif ini bisa dilanjutkan ke pejabat yang baru,” terangnya.

“Saya juga menyampaikan permohonan maaf atas nama pribadi dan seluruh anggota, apabila ada hal-hal yang kurang berkenan selama kita bergabung, baik itu ucapan, perilaku sekali lagi mohon dimaafkan diiringi ucapan selamat alih tugas yang baru,” jelasnya.

“Kepada Kompol Rujiyanto, selaku Kapolsek Biringkanaya, saya ucapakan selamat bergabung di jajaran Polrestabes Makassar, tantangan tugas yang saudara hadapi pada medan tugas sebelumnya tentu sangat berbeda. Saya ingatkan kembali, yang saya sampaikan 5 hal betul-betul saudara bisa maksimalkan kegiatan-kegiatan diwilayah Biringkanya,” pungkas Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana, SIK. (Arman)

Pos terkait