Selesaikan Misi di Papua, Satu SSK Brimob Polda Sulsel Kembali

UPOS, Makassar– Personel Sat Brimob Polda Sulsel, BKO Polres Yalimo Polda Papua, yakni Satu SSK (Satuan Setingkat Kompi) personel Brimob Satuan Brimob Polda yang telah melaksanakan tugas pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) ulang di Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua, telah kembali di satuan, Rabu (26/05/2021).

Pasukan elit Polri itu, disambut Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam dan Wakapolda Sulsel, Brigjen Pol Halim Pagarra. Turut pula disambut oleh Pejabat Utama Polda Sulsel seperti Karo Ops Polda Sulsel, Kombes Pol Adeni Muhan Dg Pabali dan Dansat Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Muhammad Anis.

Semakin kondusifnya situasi keamanan di Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua, pasca sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) tahun 2020 di Mahkamah Konstitusi, membuat Institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia memulangkan 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) personel Satbrimob Polda Sulsel BKO Polda Papua kembali ke Makassar.

Penarikan 1 SSK Personel Brimob ini didasari oleh situasi Kamtibmas Yalimo yang masih kondusif pasca pemungutan suara hingga pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil PSU.

Apel Penyambutan 1 SSK personel Sat Brimob Polda Sulsel dilaksanakan di lapangan upacara Polda Sulsel dan dipimpin langsung oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam.

Dalam arahannya, Kapolda Sulsel menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada personel yang telah berhasil melaksanakan tugas di Kabupaten Yalimo Propinsi Papua.

“Pelaksanaan tugas yang saudara laksanakan merupakan suatu keberhasilan dan kehormatan dimana saudara telah menorehkan tinta emas di tanah Papua, oleh karena itu saya selaku pimpinan Polri Polda Sulsel menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi dan pengabdian nya selama pelaksanaan tugas di daerah operasi,” kata Merdisyam.

Merdisyam juga menyampaikan, ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H kepada seluruh personel yang telah melaksanakan tugas BKO Polda Papua dimana personel harus melaksanakan perayaan Idul Fitri jauh dengan keluarga dikarenakan sedang melaksanakan tugas operasi.

Sementara itu, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Muhammad Anis, menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada personel yang telah melaksanakan tugas BKO Polda Papua.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih atas dedikasi rekan-rekan yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan mampu menciptakan kondusifitas kamtibmas di Kabupaten Yalimo, ini semua sebagai wujud nyata Bhakti Brimob untuk Indonesia,” tutur Muhammad Anis.

Saat ditemui Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan mengemukakan, semula ada 2 SSK yang dikirim ke Papua. Namun, 1 SSK sudah terlebih dahulu kembali, yakni yang bertugas di Kabupaten Boven Digoel.

Diakui Kompol Nur Ichsan, seluruh personel Brimob Sulsel yang baru saja kembali dari tempat tugasnya tersebut mayoritas merupakan anggota Batalyon C Pelopor.
1 SSK yang dipulangkan ini, telah menjalankan tugas selama dua bulan lebih di Polres Yalimo.

“Saya sangat bangga dan berterima kasih sekali kepada seluruh anggota, khusus nya anggota Batalyon C Pelopor yang telah berhasil mengamankan dan menciptakan situasi yang kondusif di Kabupaten Yalimo pasca putusan MK terkait PHPU dan dilanjutkan dengan PSU dan penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil PSU,” terangnya.

“Keberhasilan ini tentunya bukan semata-mata, karena keberadaan pasukan BKO saja, namun berkat kerja sama yang baik antara stake holder yang ada di Kabupaten Yalimo, dan tentunya semua ini sebagai wujud Bhakti Brimob Untuk Masyarakat,” tambah Danyon yang beken dengan sebutan Danyon Tindizz ini.

”Setelah apel penjemputan di Mapolda Sulsel dengan Pimpinan Apel Kapolda Sulsel dan dihadiri oleh Wakapolda serta PJU Polda Sulsel, pasukan akan langsung bergeser ke Kabupaten Bone dan akan dilaksanakan kegiatan serupa di Mako Batalyon C Pelopor yang dihadiri Forkopimda,” lanjutnya.

Karo Ops Polda Sulsel, Kombes Pol Adeni Muhan Daeng Pabali mengatakan, acara ini merupakan wujud syukur atas kepulangan para personel yang telah bertugas di Papua dengan keadaan sehat.

“Jumlah personel yang bertugas ada 1 SSK dari Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel. Mereka telah bertugas di Kabupaten Yalimo, Papua, selama kurang lebih tiga bulan,” tutur Kombes Pol Adeni Muhan, yang akrab disapa Puang Tindizz.

Perwira Polri tiga bunga ini menjelaskan, personel ditugaskan ke Papua untuk memberikan rasa aman dan nyaman ke masyarakat selama masa Perhitungan Suara Ulang (PSU) pada Pilkada Serentak yang dipimpin langsung oleh Danyon Gas, Kompol Nur Ichsan.

“Sengketa Pilkada di sana, alhamdulillah berjalan dengan aman dan tertib, tidak ada gesekan yang berarti. Itu berkat kerjasama sinergitas unsur terkait yang pimpin oleh Danyon Gas Kompol Nur Ichsan,” ucap Kombes Pol Adeni Muhan. (Arman)

Pos terkait