Sekda Luwu Irup Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022

UPOS, Luwu–  Apel Gelar Pasukan OPS Ketupat 2022, dari unsur TNI, Polri, Senkom, Dishub, Damkar, BPBD digelar di Mapolres Luwu, Jum’at, (22/4/22) pagi.

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Apel dengan Tema “Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat-2022, Wujud Sinergi POLRI dengan INSTANSI Terkait Untuk Menjamin Masyarakat Aman dan Sehat dalam Perayaan IDUL FITRI 1443.H/2022.M”.

Apel OPS Ketupat digelar sebagai wujud sinergi Polri dengan Instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam Perayaan Idul Fitri 1443.H/2022.M.

Mewakili Bupati Luwu, secara simbolis Sekertaris Daerah (sekda) Kabupaten Luwu, H Sulaiman hadir sebagai pembina upacara menyematkan Pita OPS Ketupat tahun 2022 ke sejumlah perwakilan Apel sekaligus membacakan pesan seragam Kapolri dalam pelaksanaan OPS Ketupat.

“Kebijakan pemerintah yang tidak melarang masyarakat mudik, sehingga diperkirakan mobilitas masyarakat mudik akan lebih tinggi sehingga perlu memperhatikan kedisiplinan dalam menerapkan Protokol Covid-19. Kemudian, mendorong pengelola tempat wisata memastikan aplikasi peduli lindungi digunakan, melaksanakan penjagaan dan pengamanan idul fitri, mengawasi terpenuhinya persyaratan perjalanan mudik pada berbagai moda transportasi, melakukan testing dan tracing, random chek swab antigen, melakukan manajemen rekayasa lalulintas” Kata H Sulaiman membacakan pidato seragam Kapolri.

Selain itu, ia berharap harga dan kelangkaan bahan pokok, antrean dan kelangkaan BBM, kejahatan konvensional, penyakit masyarakat, konflik buruh, balap liar, penyalahgunaan narkoba, petasan, hingga perkelahian, perlu untuk diperhatikan.

Di tempat yang sama, Kasat Lantas Polres Luwu, AKP Muh. Ali menerangkan jika pada OPS kali ini, Polres Luwu mendirikan tiga (3) Posko pada lokasi berbeda. Dua (2) Posko pelayanan didirikan di Kecamatan Ponrang dan Kecamatan Walenrang, sedangkan yang satunya yaitu Posko pengamanan didirikan di jantung Kota Belopa.

“Ada perintah Kakorlantas, tidak ada penyekatan, mudik aman dan nyaman. Jadi fungsi posko memang untuk membantu masyarakat, di posko juga nanti kita ada tenaga kesehatan, siapa tau ada masyarakat ingin melakukan vaksin, bisa di posko” Ucap AKP Muh Ali.

Dalam upaya mencegah kecelakaan pada sejumlah titik rawan, Satlantas Polres Luwu sementara mempersiapkan sejumlah spanduk berupa imbauan kepada masyarakat, sehinga masyarakat dapat berhati-hati ketika melalui titik tersebut.

“Rawan laka itu ada di Ponrang, kita akan membuat spanduk berupa imbauan, agar masyarakat bisa mengikuti aturan yang ada, sehingga terhindar dari kecelakaan” Terang Muh Ali.

Untuk diketahui, sebanyak 64 orang Personil Polres Luwu, 18 anggota TNI 18 Tenaga Kesehatan, 18 anggota BPBD, 18 personil Damkar, 18 anggota Satpol PP, dan 18 Senkom siap diterjunkan untuk menyukseskan OPS Ketupat tahun 2022.(**)

Pos terkait