Sebanyak 77 Anggota Akan Terpilih, 228 Calon PPK Kota Makassar Tes Wawancara

Ilustrasi (int)

UPOS, Makassar – Seleksi calon anggota Badan Ad Hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024 memasuki tahapan tes wawancara, 11-13 Desember 2022. Agendanya dilaksanakan di Hotel Claro Makassar.

Komisioner KPU Makassar, Endang Sari mengatakan, sebanyak 228 peserta mengikuti tahapan wawancara di Hotel Claro hingga Selasa 13 Desember 2022.

“Tahapan tes wawancara bertujuan untuk menguji pengetahuan calon anggota PPK seputar Pemilu 2024 dengan berbagai pertanyaan, sebelum resmi diangkat menjadi anggota PPK,” terang Endang, Senin (12/12/2022) kemarin.

Dia menjelaskan, tahapan ini sangat penting untuk dipahami oleh seluruh peserta calon PPK. Sementara, untuk kouta secara keseluruhan mencapai 77 orang dan disebar ke 15 kecamatan.

“Awalnya pendaftar ribuan, dan lolos berkas sebanyak 867 orang. Masuk tahapan wawancara 228 orang dan tahap akhir sisa 77 orang diterima,” jelas akademisi Unhas itu.

Adapun materi pertanyaan, kata Endang, itu berkaitan denga pengetahuan kepemiluan. Kemudian, kedua ditanyakan komitmen terkait dengan integritas profesionalitas loyalitas dan fungsinya sebagai penyelenggara Pemilu.

Kemudian, ketiga yakni soal rekam jejak soal pengalaman kepemiluan, pengalaman kerja pengalaman organisasi, pengalaman pendidikan dan semua hal yang dibutuhkan.

“Hal terakhir itu soal tanggapan masyarakat. Jadi ini sangat penting,” ucapnya.

Ditanya soal adanya kader parpol. Endang memastikan seluruh calon bebas dengan status tersebut. Itu, dibuktikan saat melaksanakan tes wawancara.

“Kita tanyakan ke yang terindikasi bahwa apakah benar mereka masuk kader parpol seperti sangkaan masyarakat. Kita klarifikasi disitu dan hasilnya tidak ada seperti itu,” katanya. (*)

Pos terkait