Presiden Joko Widodo Menjajal dan Resmikan Sirkuit Mandalika

  • Whatsapp

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengendarai motor saat menjajal langsung Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11/2021). (SETPRES)

UPOS, Lombok – Presiden Joko Widodo, berkesempatan menjajal Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11/2021).

Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Sirkuit Mandalika dan Jalan Bypass BIL-Mandalika hari ini.

Adapun Presiden berserta rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia, sekitar pukul 06.30 WIB.

Setibanya di Bandara Internasional Lombok, menuju pit building Sirkuit Mandalika, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, untuk meninjau ruang kontrol Sirkuit Mandalika.

Sebelum meresmikan Sirkuit Mandalika, Presiden Jokowi meluangkan waktu untuk menjajal lintasan anyar kebanggan Indonesia itu.

Aksi Presiden Jokowi yang menjajal Sirkuit Mandalika didokumentasikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir, melalui akun Twitter pribadinya.

Dalam video yang diunggah, Erick Thohir memperihatkan Presiden Jokowi yang menunggangi motor balap berwarna hijau dan hendak melakukan start.

Presiden Jokowi juga terlihat mengenakan perlengkapan berkendara, seperti jaket dan helm.

Selain itu, terdapat sejumlah orang yang ikut turun mencoba aspal Sirkuit Mandalika di belakang presiden.

“Saya bagian benderanya, yang men-start dan memfiniskan,” ucap Erick Thohir, dalam video tersebut.

Presiden Jokowi juga didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia dalam kunjungan kerja ke Mandalika.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengendarai motor saat menjajal langsung Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11/2021). (SETPRES)

Pada Jumat petang, melalui Kompas.com, Presiden akan mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) secara virtual dari Lombok.

Setelah Sirkuit Mandalika diresmikan, seri terakhir World Superbike (WSBK) 2021 akan digelar di lintasan sepanjang 4,31 km itu.

Para pembalap WSBK dijadwalkan akan tampil pada seri terakhir balapan musim ini di Sirkuit Mandalika, 19-21 November 2021.

World Superbike merupakan ajang balap motor pendahuluan sebelum MotoGP. Adapun MotoGP rencananya digelar di lokasi yang sama pada Maret 2022.

Presiden Jokowi telah menginstruksikan jajarannya untuk menggelar World Superbike, dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat. (*)

Pos terkait