Potensi Wisata Arung Jeram Enrekang, Dispopar Jajal Sungai Mata Allo

Dinas Pemuda Olahraga dan Parawisata (Dispopar) Enrekang dan Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan (Dispustaka) Enrekang, diatas perahu karet menjajal riak sungai Mata Allo, Kabupaten Enrekang, Jumat (20/5/2022). (Ist)

UPOS, Enrekang – Viral foto dan video keseruan bermain arung jeram di sepanjang sungai Mata Allo, Kabupaten Enrekang di media sosial Facebook. Dinas Pemuda Olahraga dan Parawisata (Dispopar) Enrekang dan Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan (Dispustaka) Enrekang akhirnya ikut menjajal riak sungai Mata Allo di atas perahu karet.

Kepala Dispopar, Achmad Faisal dan Kepala Dispustaka Dadang Sumarna bersama jajarannya, menikmati riak sungai dengan dipandu oleh pengembang wisata rafting Kabupaten Enrekang Mata Allo Rafting.

Menggunakan tiga perahu karet, sebanyak 18 rombongan Dispopar dan Dispustaka mencoba merasakan pengalaman langsung serunya berarung jeram di rute Simpin-Balla, dengan jarak kurang lebih 8 kilometer dengan waktu tempuh sekira 4 jam.

Achmad Faisal mengatakan, pengarungan arung jeram Sungai Mata Allo ini dalam rangka melihat langsung kendala dan potensi pengembangan dan promosi wisata tirta khususnya wisata arung jeram di Kabupaten Enrekang.

Menurutnya, wisata arung jeram yang dikelola Mata Allo Rafting yang merupakan penyedia jasa wisata rafting pertama di Kabupaten Enrekang diharapkan menjadi pelopor, motivator, dan pendamping bagi desa wisata untuk mengembangkan wisata rafting di Kabupaten Enrekang, melalui BUMDes.

Selain meninjau potensi dan daya tarik wisata arung jeram, rombongan Dispopar Enrekang melakukan silaturahmi dan gotong royong bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan masyarakat di Villa Emas Latimojong Dusun Karangan, Desa Wisata Latimojong.

“Ada beberapa pengelolaan daya tarik yang dikembangkan oleh Pokdarwis bersama masyarakat di antaranya, Pengelolaan Wisata Pendakian Latimojong, Water Tubbing, Glamping (Glamour Camping), dan Pengelolaan Wisata Air Terjun,” ucap Achmad, Sabtu (21/5/2022).

Sebagai upaya mendukung pengembangan industri pariwisata dan pemasaran pariwisata di Desa Wisata Latimojong tahun 2022, Dispopar akan menggelar event pariwisata dan pelatihan SDM kepariwisataan di desa yaitu, Event Latimojong Culture Festival dan Pelatihan Pemandu Wisata Gunung (Trekking).

“Agenda ini didukung oleh pokdarwis setempat dan diharapkan mampu mengangkat Desa Wisata Latimojong sebagai destinasi wisata unggulan daerah yang mampu mengangkat perekonomian desa melalui pariwisata,” pungkasnya. (*)

Pos terkait