Populer Pemberitaan, Adnan dan Indah Masuk 10 Bupati Di Indonesia

  • Whatsapp

Daftar Bupati Terpegah 2021, versi Indonesia Indicator. Senin (3/1/2021). (Ist)

UPOS, Makassar – Dua bupati di Sulawesi Selatan, masing-masing Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, masuk dalam 10 bupati terpegah atau paling banyak diberitakan oleh media sepanjang 2021, oleh Indonesia Indicator.

Adnan dan Indah masuk dalam 10 bupati di Indonesia, yang paling sering muncul berdasarkan hasil analisis Indonesia Indicator yang merupakan lembaga riset berbasis software Artificial Itelligence (IA) yang menganalisis fenomena politik, ekonomi dan sosial di Indonesia.

“Terpegah di sini adalah figur yang paling banyak diberitakan media, baik memberikan pernyataan ataupun tidak,” kata Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang, dalam keterangannya, Senin (3/1/2021).

Figur-figur ini diberitakan terkait berbagai isu dan disebut sebagai pihak yang terkait. Oleh karenanya, tokoh terpegah merupakan objek dari berita tersebut.

Data dihimpun dari seluruh media online yang dimulai 1 Januari hingga 19 Desember 2021, di 6.470 media online dalam negeri dengan jumlah berita 28.779.574.

Dalam data itu disebutkan, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan berada di posisi 5 dengan 6.001, sedangkan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani berada di posisi 9 dengan 5.542.

Sementara untuk posisi pertama ditempati oleh Bupati Bogor Ade Yasin, dengan total pemberitaan 13.901.

“Data berikut dianalisis secara real time dengan menggunakan sistem Intelligence Media Analytics (IMA) yang berbasis AI atau kecerdasan buatan. Hasil analisis data mewakili data spontan (subsconscious data/bukan hasil survey yang bisa diarahkan) dari seluruh media),” jelasnya.

Selain sebagai bupati yang sering muncul di media, Adnan yang saat ini sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) juga masuk sebagai bupati berpengaruh di media 2021, dengan jumlah pernyataan 20.413. (*)

Pos terkait