Pesta Panen di Kamanre, Bupati Luwu Berharap Begini

0 Komentar

UPOS, Luwu– Bupati Luwu Basmin Matttayang (BM) didampingi Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak menghadiri pesta panen yang dikemas dalam bingkai tudang sipulung di Lapangan Kecamatan Kamanre, Kab. Luwu, Senin (25/11/2019).

Acara ini dihadiri pula oleh Ketua PKK Luwu, Hayarna yang menambah hangatnya suasana pada acara tersebut. Bupati Luwu BM mengatakan pesta panen ini harus dijadikan pemersatu sebagai tanda rasa bersyukur kepada Allah. Jangan hanya dijadikan sebagai kegiatan seremonial semata. Kamanre merupakan lokasi dua kali menjadi pusat kesatuan Luwu.

“Saya sangat bahagia karena para petani kita tidak mengalami gagal panen lagi, bahkan saya dengar padi yang sudah dipanen naik lagi buahnya, ini tanda rahmat Allah untuk masyarakat Luwu, “kata BM.

Kepada Ujungpandang Pos, BM mengatakan dirinya ikut bahagia karena acara ini bisa mencairkan suasana pasca Pilkades, pemilihan legislatif, bahkan Pilkada lalu. Dengan acara pesta panen semua menyatu tanpa ada lagi sekat. Makna dari pesta ini juga melalui kebersamaan masyarakat bisa bersama – sama pula memulai turun ke sawah agar terhindar dari hama perusak padi.

Salah satu warga Kamanre, Pattiwara mengatakan kegiatan pesta panen ini 15 tahun baru dilaksanakan lagi.

“Selama ini tidak pernah kami gelar, baru kali ini lagi kami bisa pesta panen karena baru sekarang kami benar- benar menikmati hasil panen, “ujarnya.

Pada acara ini warga mempersembahkan beberapa rakki yang mewakili desa masing-masing yang ada di Kecamatan Kamanre, sehingga semua masyarakat yang hadir bisa menikmatinya, bahkan diakhir acara ini terdapat penilaian rakki terbaik oleh panitia.(Ujungpandang Pos/*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment