Pemuda Pancasila di Luwu Meniti Jalan Keemasan, Begini Kata Arham Basmin

0 Komentar

UPOS, Luwu– Meniti jalan keemasan, mungkin kalimat inilah yang nampaknya cocok menggabarkan situasi atau perkembangan organisasi masyarakat atau Ormas Pemuda Pancasila di Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan saat ini, khususnya jika dibandingkan dengan Ormas lainnya yang juga ada di daerah tersebut.

Di tengah- tengah eksistensi begitu kuat yang mampu ditunjukkan oleh Pemuda Pancasila Kabupaten Luwu di bawah kepemimpinan Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Luwu, Andi Muhammad Ahkam Basmin, kini Ormas tersebut kian mendapatkan tempat di hati masyarakat Luwu, bahkan Ormas tersebut menjadi salah satu Ormas paling diminati di daerahnya, termasuk dengan tambah banyaknya masyarakat yang ingin menjadi kader Pemuda Pancasila.

Tingginya animo masyarakat yang ingin bergabung dalam barisan Pemuda Pancasila Kabupaten Luwu, juga turut dirasakan oleh para pentolan Pemuda Pancasila, yakni diantaranya Arham Basmin Mattayang yang tak lain adalah Wakil Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Pemuda Pancasila Luwu.

Menanggapi tingginya animo masyarakat untuk bergabung di Pemuda Pancasila, Wakil Ketua MPO Pemuda Pancasila Luwu, Arham Basmin Mattayang mengatakan bahwa sangat penting tetap menjaga kualitas dari Pemuda Pancasila itu sendiri.

“Kalau melihat sekarang, Pemuda Pancasila di Kabupaten Luwu saat ini banyak sekali diminati, tinggal kita bagaimana lebih selektif, ini organisasi yang terbuka, siap merangkul seluruh elemen atau komponen masyarakat, karena ini bukan organisasi kepemudaan, tapi organisasi sosial kemasyarakatan berbasis massa, jadi ini bukan untuk generasi muda saja, “ujar Arham saat ditemui di Belopa, Kab. Luwu, Rabu (3/2/2021) sore.

“Kalau kita lihat sekarang banyak orang punya minat masuk Pemuda Pancasila, cuma kita harus selektif, saya sebagai MPO mengingatkan di MPC harus lebih selektif, kenapa?, karena kita tidak mau orang datang hanya nebeng atau numpang saja di Pemuda Pancasila untuk dapat posisi- posisi, dapatkan macam- macam, yang kemudian sifatnya jangka pendek. Kita mau kedepan kontribusi Pemuda Pancasila, khususnya untuk masyarakat lebih nyata ketimbang organisasi- organisasi lainnya, “tambah Arham.

Selain itu, Arham juga menyebutkan Pemuda Pancasila tentunya harus siap lebih bersinergi dengan seluruh komponen dan elemen masyarakat, termasuk komponen pemerintahan. “Pemuda Pancasila harus siap bersinergi, “tegas Arham yang juga mantan Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Luwu.

Lebih jauh, Arham mengakui Pemuda Pancasila saat ini, khususnya di Kabupaten Luwu jauh lebih baik. “Saya pasti mendorong Pemuda Pancasila saat ini jauh lebih baik dari sebelumnya, dari kepemimpinan saya sebelumnya, kenapa?, tugas kita memang menghadirkan generasi- generasi yang lebih baik dari pada kita. Ukuran keberhasilan saya sebagai Ketua Pemuda Pancasila sebelumnya, adalah keberhasilan Pemuda Pancasila saat ini, kebesaran Pemuda Pancasila hari ini, seberapa banyak kemaslahatan yang bisa diberikan Pemuda Pancasila ini untuk daerah, “kata Arham yang juga Ketua KNPI Sulsel.

Tak lupa Arham berpesan kepada para kader Pemuda Pancasila di Luwu, untuk tetap solid dan disiplin. “Kader kita harap jauh lebih disiplin, jauh lebih solid, jauh lebih militan, lebih intens berkomunikasi dengan tokoh- tokoh masyarakat, sehingga bisa tahu problem- problem dihadapi oleh masyarakat di desa- desa, kemudian Pemuda Pancasila hadir memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi, karena Pemuda Pancasila saat ini dekat dengan pemerintah, jadi tidak boleh lagi pemerintah tidak tahu informasi dari masyarakat, harus informasi dari Pemuda Pancasila, “tutupnya.

Penulis : Zadly
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment