Pantau Tim Detektor, Walikota Danny Bilang Begini

UPOS, Makassar– Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto resmi melepas 10 ribu tim detektor, 5 ribu nakes dan 306 dokter.

Tim Detektor ini hadir, untuk melakukan pengecekan kondisi warga dan menilai status wilayah tersebut.

Hari ini, resmi Tim Detektor Makassar Recover, beroperasi ke rumah-rumah warga.

Memastikan tidak kekurangan satu apapun dan berjalan lancar, Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto turun langsung ke lapangan, ke lorong tempat para tim detektor bekerja, Sabtu (10/07/2021).

Nyatanya, pada dua kecamatan yang ia pantau, yakni Kecamatan Mariso dan Ujungpandang, terdapat beberapa hal yang masih kacau. Utamnaya, di Kecamatan Mariso Jalan Rajawali.

“Hari pertama ini saya dapatkan kekacauan, nyatanya banyak warga yang tidak tahu bakal ada pendataan pemeriksaan kesehatan gratis. Lalu tim detektornya kasian tidak sesuai urutan rumah yang dia periksa. Masa dari ujung lorong baru ke ujung lorong lalu kembali lagi ketengah. Ini menyiksa tim detektor kita,” ucap Walikota Danny.

Hal itu terjadi, kata Danny, karena kurangnya dukungan pihak camat dan lurah tentang program ini. Dan ia tidak akan mentolerir tindakan tersebut.

“Jadi, ternyata ini camat dan lurah yang kurang responsif sama ini program. Hari ini saya maafkan. Tapi kalau hari kedua masih begini, saya tidak segan-segan mengganti. Saya butuh orang yang kerja bukan ogah-ogahan kepada warganya,” tegas Walikota Danny.

Berbeda lagi, di Jalan Lompobattang Kecamatan Ujungpandang. Danny mengungkapkan kerapian tim detektor dan dukungan dari kecamatan dan warga setempat.

“Alhamdulillah dikecamatan ini terlihat beda. Kelihatan mana yang memang mengedukasi dan menginfokan warganya jika ada program pemerintah pendataan pemeriksaan kesehatan gratis demi menekan penyebaran covid 19,” paparnya.

Hal itu dibenarkan warga RT1/1 Lompobattang, Awal Ramadan, katanya, ia jauh haru sudah diberitahu soal program tersebut.

“Jadi saya memang tunggu-tunggu ini tin detektor datang. Harus sabar karena setiap rumah yang ia periksa. Saya tunggu karena kapan lagi saya periksa kesehatanku gratis dan didatangi pula,” sebutnya.

Ia pun berterima kasih langsung kepada Danny Pomanto yang sempat menjnjau lokasi pendataan.

Adapun bagian-bagian yang dicek oleh Tim Detektor, yakni suhu tubuh, saturasi oksigen, denyut nadi, tekanan darah. (Arman)

Pos terkait