Pangdivif 3 Kostrad Peringati Hari Infanteri dengan Napak Tilas dan Bakti Sosial

  • Whatsapp

Divisi Infanteri 3 kostrad, melaksanakan Napak Tilas (Long Mars) memperingati hari Infanteri yang dirangkaikan dengan kegiatan Bakti Sosial pembagian sembako dan masker di sepanjang route yang dilalui, Senin (20/12/2021). (Ist)

UPOS, Gowa – Divisi Infanteri 3 kostrad, melaksanakan Napak Tilas (Long Mars) dalam rangka memperingati hari Infanteri yang dirangkaikan dengan kegiatan Bakti Sosial pembagian sembako dan masker di sepanjang route yang dilalui.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Panglima Divisi Infanteri 3 Kostrad, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo. S.I.P, yang bertempat di Pakatto, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Senin (20/12/2021).

Dijelaskannya, Panglima Besar Jendral Soedirman adalah sosok Bapak TNI yang kepemimpinan dan keberaniannya tidak diragukan lagi. Beliau merupakan Panglima yang mampu memimpin prajuritnya bergerilya menghadapi penjajah dalam masa perang kemerdekaan RI.

Panglima besar Jendral Soedirman memimpin pasukannya berjalan puluhan bahkan ratusan kilometer, keluar masuk hutan dalam rangka menentang dan memerangi penjajah. Peperangan yang sangat terkenal di masa itu adalah Palagan Ambarawa.

Keberanian, kepemimpinan dan perjuangan beliau tidak bisa diragukan lagi. Sosok pemimpin dan suri tauladan bagi para pemimpin dan prajurit TNI AD. Oleh karena itu, dalam rangka mengenang perjuangan dan keberanian Panglima Soedirman, setiap tanggal 19 Desember diperingati sebagai Hari Infanteri.

Satuan Divisi Infanteri 3 Kostrad, melaksanakan kegiatan Napak Tilas (Long Mars) dan Bakti Sosial dalam rangka Hari Infanteri Tahun 2021 yang merupakan Tradisi Satuan Divisi Infanteri 3 Kostrad.

Kegiatan Long Mars diawali dengan pengecekan kesehatan dan tensi yang dilanjutkan senam peregangan yang bertujuan untuk mengecek kesiapan personel dalam pelaksanaan kegiatan.

Long Mars ini menempuh jarak kurang lebih sejauh 15 Km yang dimulai dari titik Start lapangan Markas Divif 3 Kostrad pada pukul 06.30 WITA dan tiba di Bukit Bili-Bili Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa pada pukul 10.30 WITA.

Kegiatan Long Mars ini diikuti kurang lebih 400 Prajurit Divif 3 Kostrad langsung dibawah pimpinan Panglima Divif 3 Kostrad.

Divisi Infanteri 3 kostrad, melaksanakan Napak Tilas (Long Mars) memperingati hari Infanteri yang dirangkaikan dengan kegiatan Bakti Sosial pembagian sembako dan masker di sepanjang route yang dilalui, Senin (20/12/2021). (Ist)

Dalam perjalanan tersebut, Panglima Divif 3 Kostrad beserta prajuritnya membagikan Sembako dan Masker kepada masyarakat sekitar yang dengan sangat antusias dan semangat melihat para Prajurit Kostrad berjalan sambil bernyanyi dengan penuh semangat.

Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo dalam sambutannya di akhir kegiatan menyampaikan bahwa, “Kegiatan ini merupakan tradisi satuan guna menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan terhadap satuan dan wujud penghargaan kepada sejarah perjuangan pahlawan kita. Kita harus bangga sebagai prajurit Divisi Infanteri 3 Kostrad yang selalu siap sedia dalam menjaga NKRI. Disamping itu, kegiatan ini merupakan wujud jiwa korsa serta pembentukan mental dan karakter tentara pejuang yang disiplin, solid, visioner, profesional dan pantang menyerah yang merupakan nafas kehidupan Prajurit yang benar-benar harus melekat dan menjadi bagian hidup sebagai seorang prajurit,” paparnya.

”Kegiatan Bakti sosial yang kita laksanakan merupakan wujud bahwa kita adalah Tentara Rakyat. Menjaga kedaulan negara bukan hanya dengan berperang, namun memastikan bahwa rakyat di sekitar kita tidak dalam kesusahan merupakan bagian dari hal tersebut. Semoga apa yang kita lakukan menjadi nilai ibadah dan mendapatkan ridho dan pertolongan dari Tuhan Yang Maha Esa kapanpun dan dimanapun kita bertugas, Tetap semangat, Darpa Cakti Yudha,” pungkas Pangdiv 3. (*)

Pos terkait