Palopo Tuan Rumah TOT Fasilitator Pendidikan Pemilih dan RPP

UPOS, Palopo– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadikan Kota Palopo sebagai tuan rumah pelaksanaan Training Of Trainer (TOT) Fasilitator Pendidikan Pemilih dan Rumah Pintar Pemilih (RPP) yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 27 – 29 Juli 2022 di Hotel Agro Wisata Latuppa.

Dalam sambutannya saat membuka TOT tersebut, Komisioner KPU Sulsel Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Patisipasi Masyarakat, Misna M. Attas berharap para peserta bisa menyerap seluruh materi pelatihan sebagai modal untuk diterapkan dimasing-masing KPU Kabupaten/Kota.

“Ini akan sangat berpengaruh bagaimana kita mampu melakukan pendidikan pemilih untuk membangun kesadaran masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya dengan benar”, sebut Misna M. Attas.

Lebih jauh mantan Ketua KPU Kota Makassar ini menambahkan, salah satu indikator mengukur suksesnya sebuah perhelatan pemilu adalah sejauh mana tingkat partisipasi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya.

“Maka kualitas dalam melakukan pendidikan termasuk bagaimana mengoptimalkan fasilitas Rumah Pintar Pemilu bisa dilakukan”, pungkasnya.

Sementara Ketua KPU Kota Palopo Abbas Djohan menyampaikan kebanggaan dan terima kasih atas penunjukan Kota Palopo sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini. “Mohon maaf jika selama berada di Palopo ada pelayanan kami yang kurang berkenan”, singkatnya.

Pada Pelaksanaan TOT ini KPU Sulsel menghadirkan dua orang trainer yakni M. Nawir dan Aflina Mustafaina yang akan menggosok kemampuan trainer para peserta.

Dalam kegiatan ini KPU Sulsel membagi peserta 24 Kabupaten/Kota ke dalam dua kelompok dimana kelompok pertama terdiri dari 12 Kabupaten/Kota di laksanakan di Kota Palopo dan kelompok kedua akan dilaksanakan di Kabupaten Bantaeng.

Adapun 12 Kabupaten/Kota yang ikut TOT di Kota Palopo adalah Kota Parepare, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Wajo, Kabupaten Sidrap, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Enrekang, Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Toraja Utara, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Luwu dan Kota Palopo sebagai tuan rumah.(*)

Pos terkait