Palopo Tuan Rumah Bimtek Sidalih Berkelanjutan dan Sipdapil 21

  • Whatsapp

Bimbingan Teknis (Bimtek) Sidalih Berkelanjutan se Tana Luwu dan Tana Toraja, oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), di Palopo, Selasa (26/10/2021). (Ist)

UPOS, Palopo – Kota Palopo, menjadi tuan rumah penyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sidalih Berkelanjutan se Tana Luwu dan Tana Toraja yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (26/10/2021).

Menurut Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Sulsel, Uslimin, dipilihnya Kota Palopo sebagai tempat penyelenggaraan bimtek ini mengingat letaknya yang berada di tengah-tenga daerah yang menjadi peserta dalam bimtek tersebut, selain itu karena Palopo didukung oleh sarana dan prasarana yang sangat memadai.

“Tujuan dilaksanakannya bimtek ini adalah sebagai upaya memberi pemahaman yang sama kepada semua kabupaten kota terkait Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) berkelanjutan sebagai upaya mencapai data pemilih bersih untuk pemilu dan pemilihan 2024 mendatang,” terang Usle, sapaan akrab mantan Pemred Harian Fajar ini.

Selain Bimtek Sidalih Berkelanjutan, tambah Usle, bimtek ini juga membahas tentang Sistem Informasi Pemutakhiran Data Pemilih (Sipdapil 21).

“Nantinya akan digunakan oleh KPU Provinsi Sulsel sebagai data base untuk pemilihan gubernur tahun 2024 mendatang,” sebutnya.

Usle berharap dari bimtek ini akan semakin meningkatkan pemahaman terhadap Sidalih Berkelanjutan dan Sipdapil 21, baik oleh komisioner KPU Kabupaten/Kota terlebih lagi oleh operator yang akan menjalankan aplikasi tersebut.

Di kesempatan yang lain, Komisioner KPU Provinsi Sulsel Divi Teknis Penyelenggara yang juga koordinator wilayah Tana Luwu dan Tana Toraja, Asram Jaya, mengingatkan KPU kabupaten/Kota yang berada dibawah koordinasinya untuk benar-benar bekerja maksimal dalam menuntaskan data pemilih agar nantinya dihasilkan data pemilih yang benar-benar bersih.

“Maka gunakan bimtek ini untuk memahami secara menyeluruh persoalan seputar data pemilih untuk kemudian di selesaikan denga baik,” tandas Asram Jaya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Palopo, Abbas Djohan dalam sambutannya saat menerima para peserta bimtek menyampaikan rasa terimakasih atas dipilihnya Palopo sebagai tuan rumah. “Kami sekaligus memohon maaf bila dalam pelaksanaan bimtek ini terdapat kekurangan di dalamnya,” singkat Abbas.

Adapun Kabupaten Kota yang ikut dalam bimtek ini, diantaranya KPU Kabupaten Tana Toraja, KPU Kabupaten Toraja Utara, KPU Kabupaten Luwu Timur, KPU Kabupaten Luwu Utara, KPU Kabupaten Luwu dan Kota Palopo selaku tuan rumah. (*)

Pos terkait