Operasi Ketupat 2022, Ribuan Personel Gabungan Dikerahkan di Sulsel

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022, berlangsung di lapangan Karebosi Makassar, Jumat (22/4/2022) pagi. (Ist)

UPOS, Makassar – Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022, dengan tema wujud sinergi polri dengan instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan idul fitri 1443 Hijriah, berlangsung di lapangan Karebosi Makassar, Jumat (22/4/2022) pagi.

Apel gelar pasukan ini dihadiri oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. Nana Sudjana, Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad serta personil dari TNI, Polri, instansi terkait. Diantaranya Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Jasa Raharja, dan lainnya.

Sebelum penyematan pita tanda operasi di sisi kiri lengan pakaian perwakilan yang ditunjuk, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang memimpin Apel Gelar Pasukan melakukan pemeriksaan pasukan menggunakan mobil Jeep.

Bertindak sebagai komandan upacara, AKBP Erwin Syah, SIK yang saat ini menjabat sebagai Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel.

Operasi Ketupat 2022 ini berlangsung 12 hari, dimulai tanggal 28 April 2022 sampai 9 Mei 2022.

Kapolda Sulsel bersama Gubernur Sulsel serta Pangdam XIV/Hasanuddin usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022, berlangsung di lapangan Karebosi Makassar, Jumat (22/4/2022) pagi. (Ist)

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Drs. Nana Sudjana mengatakan, operasi ini adalah terpusat dan digelar secara serentak di Indonesia tujuan dari operasi ketupat ini yang pertama terjamin rasa aman saat bulan Puasa, Lebaran dan pasca Lebaran Idul Fitri.

Upaya mengantisipasi terjadinya kecelakaan saat arus mudik maupun gangguan Kamtibmas Kapolda Sulsel membangun pos-pos pengamanan, pos pelayanan hingga pos terpadu.

“Ada 103 pos pengamanan, 33 pos pelayanan dan 6 pos terpadu. Ini kita tempatkan di bandara, pelabuhan, kemudian terminal, jalur yang dilintasi pengendara, tempat keramaian maupun tempat rekriasi,” tutur Kapolda Sulsel.

Kapolda Sulsel, Irjen Nana Sudjana usai apel gelar pasukan mengatakan, 4.409 personil, terdiri dari 2.200 dari anggota Polri, dan 2.100 merupakan gabungan instansi terkait, TNI, Pemda, Satpol PP, Dishub, juga melibatkan kesehatan.

“Dalam operasi ketupat, kita kerahkan kurang lebih 4.409 personel gabungan instansi Polri, TNI, Pemda, Satpol PP, Dishub, petugas kesehatan, kemudian juga dari masyarakat, senkom, pramuka, dan dilaksanakan sampai tingkat kecamatan,” ungkap Kapolda Sulsel, Irjen Pol Drs Nana Sudjana AS, MM usai Apel gelar pasukan operasi ketupat 2022.

Dijelaskan, pihaknya sudah memetakan titik rawan kecelakaan di Jalur Trans Sulawesi, seperti di Jalur Kabupaten Maros hingga Kabupaten Bone dan Kota Parepare. Pihaknya pun mendirikan pos pengamanan untuk mengantisipasi kecelakaan dan kemacetan di titik rawan tersebut dan daerah lainnya.

Lebih lanjut, Nana mengimbau para pemudik agar tetap menjaga diri selama dalam perjalanan dan tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga terhindar dari penyebaran Covid-19.

“Dalam mudik kami berharap, kalau menggunakan kendaraan pribadi dipersiapkan kendaraannya dengan baik, jangan pakai lalu mogok di jalan. persiapkan fisik, dan kendaraan,” pungkas Kapolda Sulsel. (*)

Pos terkait