Musrenbang RPJMD, Bupati Lutra Bilang Begini

UPOS, Luwu Utara– Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021 – 2026, di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara, Kamis (03/06/2021).

Musrenbang RPJMD dibuka Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dan dihadiri Wakil Bupati Suaib Mansur, unsur Forkopimda, Anggota DPRD Amir Machmud yang juga Ketua Pansus RPJMD Kabupaten Luwu Utara 2021 – 2026, para Kepala Perangkat Daerah, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Organisasi Profesi serta LSM lainnya.

Musrenbang RPJMD adalah satu rangkaian proses penyusunan RPJMD 2021 – 2026, yang merupakan acuan dasar pelaksanaan program pembangunan 5 tahun ke depan.

Pelaksanaan Musrenbang RPJMD adalah tahapan keempat penyusunan Perda RPJMD. Bappeda sebagai leading sector, dibantu stakeholder lainnya, telah melewati 3 tahapan, yaitu pelaksanaan forum konsultasi publik, pembahasan rancangan awal untuk memeroleh kesepakatan DPRD, dan konsultasi Gubernur untuk mendapatkan masukan demi penyempurnaan rancangan awal dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menuturkan, pagi tadi, bersama Wakil Bupati Suaib Mansur, saya membuka Musrenbang RPJMD 2021-2026 di Aula La Galigo.

Dijelaskannya, pelaksanaan ini merupakan tahapan ke-4 dalam penyusunan Perda RPJMD setelah melewati tahapan pelaksanaan forum konsultasi publik, pembahasan rancangan awal memperoleh kesepakatan DPRD.

“Selanjutnya dikonsultasikan kepada gubernur untuk mendapatkan masukan dalam penyempurnaan rancangan awal, yang bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah,” papar Bupati Luwu Utara Indah.

“Untuk lima tahun ke depan, kami telah menetapkan visi misi yang menjadi acuan dalam penyusunan program prioritas, yaitu Luwu Utara Maju, Mandiri, dan Harmonis,” ungkap Indah. (Arman)

Pos terkait