MeanPoll Research, Nurmal Bentuk Lembaga Baru

  • Whatsapp

MeanPoll Research. (Ist)

UPOS, Makassar – Sebuah lembaga baru untuk keperluan riset Politik dan Manajemen hadir di Sulsel. Namanya, MeanPoll Research.

Meski baru, namun individu yang tergabung di dalamnya tergolong orang-orang yang telah lama berkecimpung dalam dunia konsultan politik dan riset.

Penggagasnya adalah Dr. Nurmal Idrus, MM, yang juga Direktur Nurani Strategic Consulting, sebuah lembaga konsultan politik yang selama ini malang melintang di pemilu dan pilkada, sejak beberapa tahun terakhir.

Nurmal menyebut, MeanPoll dibentuk untuk mengakomodasi banyaknya permintaan riset mendalam baik politik dan juga ekonomi manajemen yang masuk ke Nurani Strategic.

“Padahal, selama ini Nurani Strategic hanya fokus untuk pendampingan teknis pemilu. Tak mengurusi riset survey,” ucap akademisi ilmu manajemen ini, melalui keterangannya, Minggu (31/10/2021).

Mantan Ketua KPU Makassar ini mengaku, MeanPoll Research akan difokuskan pada urusan riset dan survey. “MeanPoll akan konsentrasi diriset dan kemudian menjadi pemasok data bagi Nurani Strategic yang akan konsentrasi di pendampingan politik dan manajemen,” tambahnya.

Sementara itu, untuk pemilihan nama MeanPoll sengaja diambil untuk menggambarkan misi lembaga ini.

“Medan adalah bagian dari perhitungan dasar statistika. Dalam bahasa Indonesia, mean juga disebut dengan rata-rata. Mean adalah indikator statistik yang dapat digunakan untuk mengukur rata-rata sebuah data. Di dalam ilmu riset, Mean ini sangat penting untuk mengetahui besaran perkiraan peluang kemenangan atau kekalahan,” ungkapnya.

Salah satu peneliti dari MeanPoll Reserch, Imran M, menyebut dalam bulan November-Desember 2021 ini, mereka langsung punya proyek riset di tiga daerah yaitu Luwu, Pinrang dan Kolaka Utara.

“Kami telah memulai kontrak untuk ketiga daerah yaitu riset di Luwu, Pinrang dan Kolaka Utara. Semua untuk kepentingan politik jelang Pemilu dan Pilkada 2024,” jelas Nurmal. (*/Arman)

Pos terkait