Massa Siganda Kepung Dishub Sulsel

  • Whatsapp

Dikawal Polsek Biringkanaya. Ratusan massa dari Asosiasi Angkutan Darat (Siganda) Sulawesi Selatan, aksi unjuk rasa di kantor Dinas Perhubungan Sulsel, di Jalan Perintis Kemerdekaan km.15 Pai Kecamatan Biringkanaya kota Makassar, Selasa (14/12/2021). (Ist)

UPOS, Makassar – Ratusan massa dari Asosiasi Angkutan Darat (Siganda) Sulawesi Selatan, menggelar aksi unjuk rasa di kantor Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan, di Jalan Perintis Kemerdekaan km.15 Pai Kecamatan Biringkanaya kota Makassar, Selasa (14/12/2021).

Massa Siganda yang datang dengan mengerahkan puluhan kendaraan Angkutan Kota (Angkot) trayek D (Daya) dan E (Kampus Unhas 07, 05 dan 02) sempat membuat kemacetan arus lalu lintas dari dua arah di depan kantor Dishub Provinsi Sulsel.

Dalam orasinya, Felixander Baan, S.Hut., M.P., selaku Korlap aksi menuntut agar Dishub Provinsi Sulsel harus menghentikan sementara operasional Bus Mamminasata, karena kehadiran Bus Mamminasata telah menimbulkan kekisruhan dengan angkutan Pete – Pete.

“Kami meminta kepala kantor Dishub Provinsi Sulsel harus menghentikan sementara operasional Bus Mamminasata. Selain itu Pemerintah harus berpihak kepada sopir angkot, bapak harus tahu bahwa dalam setiap angkot ada 3 pihak yang dihidupi bukan hanya 1 pihak,” teriak Korlap, dari atas angkot saat berorasi.

Selain itu, Felixander Baan, S.Hut., M.P., juga membacakan tuntutan aksi, diantaranya menuntut agar Dishub Provinsi Sulsel dan UPTD Bus Mamminasata menghentikan sementara operasional Bus Mamminasata sampai ada kesepakatan dengan sopir angkutan Pete – Pete.

Selain itu, menyatakan mosi tidak percaya kepada Dishub Provinsi Sulsel dan UPTD Bus Mamminasata serta meminta Gubernur Sulsel untuk mencopot Kepala Dishub Provinsi Sulsel dan Kepala UPTD Bus Mamminasata atas kekisruhan Trayek Bus Mamminasata dan angkutan Pete – pete serta mendesak DPRD Provinsi Sulsel untuk mengadakan RDP terkait adanya kisruh antara angkutan Pete – Pete dengan pihak UPTD Bus Mamminasata.

Ratusan massa dari Asosiasi Angkutan Darat (Siganda) Sulawesi Selatan, aksi unjuk rasa di kantor Dinas Perhubungan Sulsel, di Jalan Perintis Kemerdekaan km.15 Pai Kecamatan Biringkanaya kota Makassar, Selasa (14/12/2021). (Ist)

Aksi unjuk rasa mendapat pengawalan dari personil Polsek Biringkanaya, yang dipimpin oleh Kapolsek Kompol Rujiyanto Dwi Poernomo, SH., S.IK. Massa Siganda yang menutut setengah badan jalan berakibat kemacetan sehingga membuat aparat kepolisian sibuk mengurai kemacetan arus lalu lintas.

Dikonfirmasi, Kapolsek Biringkanaya Kompol Rujiyanto Dwi Poernomo, SH., S.IK menuturkan, “Bersama personil kami akan mengawal aksi ini sampai tuntas, semoga berlangsung tertib,” ucapnya singkat.

Karena gagal bertemu dengan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel, massa Siganda membubarkan diri dan berencana akan kembali melakukan aksinya sampai tuntutan mereka dipenuhi. (*)

Pos terkait