Masmindo- Bupati Luwu Tanam Mangrove Bersama

UPOS, Luwu– Memperingati Hari Bumi yang jatuh pada 22 April lalu, PT Masmindo Dwi Area (Masmindo) menggelar penanaman mangrove di pesisir Pantai Pelabuhan Taddete, Desa Senga Selatan, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan pada Sabtu (23/04/2022).

Penanaman mangrove ini merupakan lanjutan dari Program Gerakan Sejuta Pohon bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Luwu.

Penanaman secara simbolis dilakukan Direktur Utama Masmindo Abidin Daeng Patompo bersama Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang, dan Kepala DLH Luwu Nahban, S.KM.

Turut hadir, Camat Belopa Makkawaru, Pj Kepala Desa Senga Selatan Anwar Amir, Karang Taruna Desa Senga Selatan, Komunitas Pecinta Mangrove (KPA), sejumlah tokoh masyarakat, dan Manajemen Masmindo.

Setelah penyerahan bibit secara simbolis, acara dilanjutkan dengan penanaman bersama di sepanjang pesisir Pelabuhan Taddete dengan menggandeng Komunitas Pencinta Mangrove (KPA).

Pada tahap pertama penanaman ini, Masmindo dan KPA menyiapkan tak kurang dari 5.500 bibit serta memfasilitasi tersedianya demplot pembibitan Mangrove di kabupaten Luwu.

Direktur Utama PT Masmindo Dwi Area, Abidin Daeng Patompo menyatakan, “Kami berkomitmen untuk menanam pohon secara berkelanjutan dan akan memonitor pohon yang telah kami tanam. Jika ada pohon yang tidak tumbuh, kami akan ganti. Harapan kami, Masmindo dapat terus berkolaborasi dengan pihak pemerintah dan komunitas lokal dalam penanaman pohon secara berkesinambungan.”

Gerakan Sejuta Pohon yang dicanangkan oleh Masmindo juga sejalan dengan rencana program pemerintah kabupaten Luwu menciptakan kawasan Agrowisata di Latimojong dan sekitarnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Masmindo yang sebelumnya juga telah menanam pohon buah-buahan dalam Gerakan Menanam Sejuta Pohon. Kami berharap, Masmindo berkomitmen untuk melanjutkan program ini dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan masyarakat” Ujar Bupati Luwu H Basmin Mattayang.

Masmindo telah berkomitmen membina KPA dan masyarakat lokal dalam proses pembibitan dan budidaya mangrove di demplot yang telah disediakan.

Pembibitan Mangrove ini berkapasitas 10.000 hingga 15.000 bibit dan dipusatkan di Desa Senga Selatan.

Sebelumnya, Masmindo dan DLH Luwu telah menanam dan membagikan 15.000 bibit tanaman buah dan kayu secara gratis di Desa Pajang, Ulusalu, dan Boneposi dalam Program Gerakan Menanam Sejuta Pohon, kegiatan yang sama akan dilanjutkan ke desa-desa lainnya.(*)

Pos terkait