Maestro Kontruksi yang Berkiprah di Senayan

0 Komentar

Andi Iwan, begitu sapaan akrabnya. Di Sulawesi Selatan, dia dikenal sebagai salah satu tokoh utama di bidang konstruksi. Dimulai pada tahun 1998, Andi Iwan bergabung dalam organisasi pengusaha kontruksi, Gabungan Pengusaha Konstruksi Indonesia (Gapensi) Kota Makassar.

Berkat kelihaiannya berorganisasi yang telah digelutinya selama kuliah, Andi Iwan kemudian dipercaya menjadi Sekretaris Gapensi Kota Makassar hingga tahun 2006, lalu didaulat menjadi wakil ketua Gapensi Makassar sejak 2007 hingga 2012.

Tak hanya itu, dikenal aktif di dunia industri konstruksi, Andi Iwan diberi tanggung jawab sebagai Sekretaris bidang Perusahaan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJKD) Provinsi Sulawesi Selatan, jabatan ini juga diemban pada tahun 2008 hingga 2012.

Selain aktif di lembaga jasa konstruksi, Andi Iwan adalah seorang pengusaha konstruksi PT Wardana Artha Guna. Bahkan, Andi Iwan menakhodai rumah sakit bersalin PT Gia Lestari dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan. Sejak 1999 Andi Iwan juga aktif mengurus klub sepak bola kebanggaan Makassar, PSM dan akhirnya dipercaya menjadi Bendahara dari Liga Remaja PSM (2000).

Sang maestro itu, kini menjadi wakil rakyat di senayan. Semua bermula pada tahun 2014, Andi Iwan bergabung menjadi kader Gerindra dan mencalonkan diri menjadi calon legislatif pada Pileg 2014. Andi Iwan terpilih menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 dan duduk di Komisi V yang membidangi desa dan daerah tertinggal, perumahan rakyat dan transportasi. Lalu kemudian dipercaya menjabat wakil ketua Komisi V DPR RI pada periode berikutnya.

Salah satu kiprah Andi Iwan selama menjabat di komisi V yakni memberikan atensi penuh atas terjadinya kriminalisasi terhadap perusahaan jasa konstruksi, untuk menghindari kasus ini terulang kembali, Andi menyarankan agar proses lelang harus dilaksanakan lebih awal oleh pemegang anggaran.

Juga terkait Alokasi Anggaran TA 2020,
Andi Iwan mengatakan perlu perhatian dari Menteri Perhubungan RI soal belum berfungsinya beberapa pelabuhan di Sulawesi Selatan. Terkait dengan pembangunan rel kereta api, Andi Iwan menanyakan penyebab masih belum terselesainya program tersebut yang sebelumnya ditargetkan rampung pada 2018.

Oktober lalu, Andi Iwan resmi ditunjuk sebagai nahkoda baru Partai Gerindra Sulsel. Legisator DPR RI itu menggantikan posisi yang sebelumnya diduduki oleh Idris Manggabarani.

DPP Gerindra mengganti posisi Idris Manggabarani melalui SK Nomor: 10-0684/Kpts/DPP-Gerindra/2019. SK tersebut ditandatangani langsung Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Sekretaris Ahmad Muzani.

Sang Deklator Partai Gerindra Berulang Tahun ke-44

Andi Iwan Darmawan Aras bukanlah orang baru di Gerindra Sulsel. Andi Iwan juga merupakan salah satu deklarator berdirinya partai Gerindra di Sulsel.

Kader tulen pengendali Gerindra Sulsel itu berulang tahun yang ke 44. Andi Iwan sendiri lahir di Ujung pandang, 26 Juni 1976 silam.

Selamat berulang tahun Maestro, sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sulsel, ketua Partai Gerindra Sulsel, dan Wakil Ketua Komisi V DPR RI, suaramu di bidang jasa konstruksi, telah dirasakan rakyat banyak.

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment