Literasi Tana Luwu Mendunia, Husler Yakinkan Awal Tahun Depan Pembangunan Gedung Perpustakaan Di Mulai

0 Komentar

UPOS,LUWUTIMUR- Bupati Luwu Timur, Muh.Thorig Husler mengatakan, pelaksanaan pembangunan gedung Perpustakaan Luwu Timur akan di mulai awal 2020.Gedung senilai 10 Miliar ini akan menjadi pusat pengembangan literasi .

” Lahan dan gambarnya sudah kita siapkan, Insa Allah awal 2020 pembangunannya dimulai.”Ujar Husler saat membuka Road show pengembangan kegemaran membaca Transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di Aula Sasana Praja kantor Bupati Lutim, Kamis (7/11/2019)

Husler berterima kasih kepada Perpustakaan Provinsi Sulsel yang menunjuk Lutim sebagai tuan rumah Road Show Pengembangan Kegemaran Membaca . Ini merupakan Kegiatan Provinsi yang bekerja sama dengan Perpustakaan Daerah Lutim.

Menurut Husler, kegiatan ini sebagai gerakan untuk mengajak masyarakat gemarembaca. Diakuinya saat ini minat baca masyarakat di Lutim sangat rendah.

Padahal untuk mencerdaskan kehidupan bangsa salah satu nya harus rajin membaca. Dengan banyak menguasai literasi wawasan akan terbuka, masyarakat akan makin cerdas dan siap menerima perubahan.

“Olehnya itu Gedung Perpustakaan yang akan kita bangun nanti akan saya rancang sebaik mungkin sebagai tempat aktivitas warga yang bisa meningkatkan minat baca dan warga “Ungkap Husler

Andi Ahmad Saransi Kepala Bidang Perpustakaan Provinsi Sulsel dalam kesempatan tersebut mengatakan, Literasi Tana Luwu ini sudah mendunia dan mendapat pengakuan dari dunia Internasional.

Kitab Ilagaligo sebuah naskah terpanjang di dunia adalah sebuah literasi yang luar biasa. Hal inilah yang melatar belakangi sehingga kegiatan ini di pusatkan di Luwu Timur Bumi Batara Guru.

Untuk mengembangkan perpustakaan moderen maka pihak yang akan terlibat penuh adalah dinas Perpustakaan Daerah, Dinas Kominfo dan Pemerintah Desa.

Perpustakaan nantinya tidak hanya berbasis Inklusi Sosial semata tapi juga sudah berbasis digital. Sehingga keberadaan perpustakaan bisa memberikan pendapatan buat Pemerintah Lutim. ” Nanti kita siapkan Aplikasinya, dengan me Like saja sudah ada pemasukannya buat daerah , makanya kominfo harus menyiapkan internetnya dengan baik ” Tandas Andi Ahmad

Dalam kegiatan ini juga Bupati Lutim menyerahkan penghargaan kepada Sinar Mentari Penulis Lutim yang berjudul 8 Detik Selepas Senja dan pengelola perpustakaan desa terbaik di Lutim. Tak hanya itu Husler juga menerima kunci motor dari Bank BPD untuk Oprasional Perpustakaan. (UjungpandangPos/***)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment