Kodim Tator Gelar Upacara Pemakaman Militer Piter Limbu

UPOS, Rantepao– Kodim 1414 Tator, Selasa (21/12/2021), menggelar upacara pemakaman secara militer terhadap mantan personil Kodin 1414 Tator, almarhum Peltu Purn. Piter Limbu.

Kegiatan ini digelar di Tongkonan Tondok’ Padang, Dusun Kalambe, Kelurahan Buntu Barana, Kecamatan Tikala, Kabupaten Toraja Utara, yang dimpimpin langsung oleh Dandim Tator, Letkol Inf Amril Hairuman Tehupelasury.

Piter Limbu meninggal dunia pada Sabtu, 6 April 2019 lalu di rumah Sakit Elim Rantepao karena sakit. Sebelum dilakukan pemakaman secara militer, Almarhum sudah melalui prosesi adat Toraja selama seminggu di tongkonannya.

Serahterima jenasah juga dilakukan pihak keluarga yang di wakili oleh anak Almarhum, Yonatan paseru ke Pihak Kodim 1414 Tator.

“Upacara kebesaran ini dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan pemerintah atas jasa dan pengorbanan almarhum kepada negara dan bangsa yang telah dilaksanakan sepanjang hidupnya, terlebih pada waktu melaksanakan tugas, “ujar Dandim Tator.

“Saya selaku inspektur upacara atas nama bangsa dan negara, khususnya TNI AD dan atas nama Kodim 1414 Tator menyatakan turut berduka cita yang sedalam- dalamnya dan turut berbelasungkawa atas meninggalnya Almarhum Peltu Purn Piter Limbu, “tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Toraja Utara, Frederick Victor Palimbong juga memberikan ucapan duka yang mendalam dan turut berdukacita yang mendalam.

Turut hadir dalam acara kali ini personil Kodim 1414 Tator, Danramil Rantepao, Lettu Inf Alwy, Dan Unit Intel, Letda Inf Marten Tm, tokoh adat, tokoh agama dan rumpun keluarga dan kegiatan berlangsung dengan protokol kesehatan. (Rachmad)

Pos terkait