Ketua TP PKK Luwu Kukuhkan 15 Orang Agent Of Change

0 Komentar

UPOS, Luwu- Ketua TP Penggerak PKK Kabupaten Luwu yang sekaligus Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat, Hj Hayarna Basmin mengukuhkan sebanyak 15 orang perwakilan apoteker yang menjadi Agen of Change (AoC) pada acara Sosialisasi AoC Gema Cermat di aula Bappeda, Sabtu (24/10/2020).

Dalam Sambutannya, Hj Hayarna Basmin mengatakan bahwa perlu ada upaya peningkatan kepedulian, kesadaran, pengetahuan dan keterampilan masyarakat tentang pemilihan dan penggunaan obat secara tepat dan rasional.

“Saat ini kita sedang terus melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan Kabupaten Sehat, bukan hanya lingkungannya sehat tapi masyarakatnyapun harus sehat. Kehadiran Apoteker sebagai Agen of Change (AoC) diharapkan berkomitmen untuk mampu mempengaruhi perilaku masyarakat agar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memilih serta menggunakan obat yang tepat sesuai dengan khasiat obat tersebut”, kata Hj Hayarna Basmin.

Menurut Hj Hayarna Basmin, penunjukan Apoteker AoC ini bertujuan sebagai penggerak dalam pelaksanaan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) yang telah dicanangkan sejak tahun 2015.

Hj Hayarna Basmin juga berpesan kepada seluruh stake holder terkait agar tetap bersinergi dalam pencapaian Kabupaten Luwu sebagai Kabupaten Sehat. “Kita telah meraih predikat Kabupaten ODF 100 persen dan semoga sebentar lagi kita bisa meraih predikat tertinggi kabupaten sehat yaitu Swasti Saba Wistara”, lanjut Hj Hayarna Basmin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kab Luwu, dr Makhdur mengatakan Apoteker yang dikukuhkan hari ini telah menjalani serangkaian pembekalan.

“Sebanyak 75 orang apoteker telah mengikuti pembekalan dan selanjutnya para apoteker AoC ini akan bertugas pada 22 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Luwu”, jelas dr Makhdur.

Sosialisasi ini diikuti pula oleh pengurus TP PKK Kabupaten Luwu yang tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja) I – IV. Sedangkan pemateri sosialisasi adalah Kasi Fasmasi Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Hj Nurdaonah dan Sekretaris Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Alfian.

Penulis : *
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment