Kerap Kecolongan, Basmin Minta Perangkat Desa Lebih Aktif Urus Warga

0 Komentar

UPOS, Luwu- Bupati Luwu, Basmin Mattayang meminta kepada perangkat desa untuk lebih proaktif lagi dalam mengurusi warganya. Menurut Basmin, selama ini pemerintah desa kerap kecololangan informasi terhadap kondisi sosial masyarakatnya.

Seperti, kata Basmin, anak sekolah yang mengalami penyakit kanker, orang tua renta yang hidup seorang diri di sebuah gubuk  dan masih banyak lagi fenomena sosial ditengah masyarakat lainnya yang kadang diketahui oleh orang lain ketimbang pemerintah.

“Sangat disayangkan karena banyaknya fenomena sosial yang terjadi di tengah masyarakat yang baru bermunculan setelah teman-teman LSM, wartawan dan para relawan yang menemukannya. Lantas yang menjadi pertanyaan, bagaimana kinerja kepala desa dan anggota BPD-nya yang tidak mengetahui ada hal seperti itu didesanya dan tidak melakukan tindakan apapun? Nanti bermunculan di media sosial baru mau bergerak,” kata Basmin, dalam sambutannya saat melantikan 34 orang anggota BPD dari 6 des, di Rumah Jabatan Bupati Luwu, pada Selasa (9/6/2020).

Padahal, menurut Basmin, sudah jelas dalam UU nomor 6 tahun 2014, bahwa Pemerintah Desa adalah Kepala Desa beserta anggota BPD, yang dalam pengelolaan dana desa, perlu terjalin sinergitas sehingga pemerintahan kabupaten dapat berjalan sesuai yang diharapkan dengan tujuan membangun desa demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, Basmin begitu berharap, semua Kepala Desa dan Anggota BPD agar lebih peka dan proaktif melakukan pemantauan dan pendataan dalam lingkungan masing-masing yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ini tugas utama anggota BPD selain membantu kepala desa dalam pengawasan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan dana desa. Harus peka terhadap lingkungan sekitar, jangan lagi ada masyarakat yang mengalami kesusahan,” pungkas Basmin. (cha)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment