Kementerian ESDM Kunker di Torut

0 Komentar

UPOS, Toraja Utara-­­­­­ Segenap jajaran dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (SDM) di Jakarta melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Toraja Utara, Rabu (04/11/2020), di beberapa objek wisata serta memberikan bantuan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU TS) sebanyak 750 unit.

Menurut Pjs. Bupati Toraja Utara, Amson Padolo mengatakan kunjungan kerja (Kunker) Irjen Kementerian SDM ialah selain daripada meninjau progress proyek SLS dari pusat disamping melihat sejauh mana mendukung fasilitasi destinasi wisata di Toraja Utara seperti penerangan jalan umum (PJU) mendukung objek-objek wisata dan mendapat bantuan dari pusat berupa penerangan jalan umum tenaga surya (PJU TS).

“Ada sekitar 750 unit bantuan PJU TS dibantukan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara (Pemkab Torut). Selain itu Kementrian SDM akan membantu Pemkab Torut terkait beberapa program di pusat, intinya mendukung fasilitasi destinasi wisata di Toraja Utara dengan pariwisata yang dimiliki sebagai tujuan destinasi wisata berskala nasional sesuai visi program pusat bahwa pariwisata merupakan penggerak sektor pembangunan, ”kata Pjs. Bupati Toraja Utara.

“Terkait bantuan PJU TS ini nanti pihak Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Toraja Utara yang akan menentukan titik-titik pemasangan PJU TS ini, diharapkan program dan proyek bantuan dari pusat ini dipelihara bersama tentu keterlibatan dari masyarakat sebab ini adalah kepentingan umum dan bersama, ”jelasnya.

Senada yang diutarakan oleh Pjs. Bupati, Sekretaris Daerah Pemkab Toraja Utara, Rede Roni Bare menyampaikan kehadiran Inspektur Jenderal dan Inspektur Lima didampingi beberapa auditornya dalam hal membantu.

“Kehadiran Inspektur Jenderal dan Inspektur Lima didampingi beberapa auditornya dalam hal membantu kabupaten kita penyiapan PJU TS diberikan sebanyak 750 unit dan pemanfaatannya akan diatur oleh Pemerintah Kabupaten dan disalurkan di wilayah destinasi wisata, fasilitas pemerintah dari tingkat kecamatan hingga ke lembang kelurahan dan fasilitas umum, ”kata Sekda Toraja Utara.

Dalam kunjungan kerja itu, Tim dari Kementrian SDM juga melakukan pengecekan lokasi terkait elektrifikasi persentase yang sudah menikmati listrik di toraja. Selain menjalankan tugas di Kementrian tentu juga bagaimana memperkenalkan pariwisata yang dimiliki oleh daerah kita dan hasilnya setelah meninjau beberapa lokasi destinasi wisata di toraja tentu kesan yang ditimbulkan adalah beliau terpukau dan terpesona dengan pariwisata yang dimiliki oleh Toraja, ”tambah Rede Roni Bare.

Terlihat hadir dalam kunjungan itu dari Kementerian SDM Prof. DR. Ahmad selaku Inspektur Jenderal Kementerian SDM, Brigen Yakobus Timisela menjabat sebagai Inspektur Lima Kementrian SDM dan segenap jajaran dari Pemkab Toraja Utara hadir mendampingi rombongan saat kunjungan kerja.

Berikut rundown kunjungan kerja kementrian sdm di toraja yaitu kunker di objek wisata negeri diatas awan di To’ Tombi di Toraja Utara dilanjutkan menuju objek wisata Religi Buntu Burake dan Objek Wisata Pango-Pango di Tana Toraja kemudian kembali mengunjungi Ke’te Kesu’ dilanjutkan menuju ke Objek Wisata Bori’ Kalimbuang dan finish di Perkampungan Tenun di To’ Barana Kecamatan Sa’dan Toraja Utara.

Penulis : *
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment