Kapolres Luwu Turun Langsung Evakuasi Korban Longsor

  • Whatsapp

Kapolres Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto, SIK, MH memimpin langsung bersama 112 personil, pengamanan dan evakuasi serta membantu korban bencana alam Banjir dan Tanah Longsor, Senin (4/10/2021). (Ist)

UPOS, Luwu – Kapolres Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto, SIK, MH memimpin langsung bersama 112 personil Polres Luwu berdasarkan Surat Perintah Kontijensi pelaksanaan tugas pengamanan dan evakuasi serta membantu korban bencana alam Banjir dan Tanah Longsor di wilayah hukum Polsek Walenrang dan Polsek Lamasi.

Diketahui, bahwa Banjir Kecamatan Walenrang Barat sampai Kecamatan Walenrang Timur, Lamasi dan Lamasi timur tersebut akibat tingginya intensitas curah hujan yang melanda Kecamatan Walenrang Barat dan Walenrang,

Sehingga air sungai Lamasi meluap dan menghanyutkan bangunan dan menggenangi rumah warga yang ada disepanjang daerah Bantaran sungai Lamasi yang terbentang dari Kecamatan Walenrang Barat sampai Kecamatan Walenrang Timur dan tanah longsor terjadi di Desa Ilanbatu Uru Kecamatan Walenrang Barat mengakibatkan beberapa unit rumah mengalami kerusakan, pada hari Minggu (3/10/2021), pukul 17.00 Wita.

Adapun daerah yang terkena banjir, sebagai berikut :

1. Kecamatan Walenrang Barat : Desa Ilanbatu
2. Kecamatan Walenrang : Desa Walenrang, Desa Padang Sangtandung.
3. Kecamatan Lamasi Timur : Desa To’ lemo, Pelalan dan Seriti.
4. Kecamatan Walenrang Timur : Desa Kendekan.

Kapolres Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto, SIK, MH mengatakan, bahwa kami mendatangi lokasi bencana Banjir dan Tanah Longsor dengan segera dan mengarahkan Personil Polres Luwu, melakukan pengaturan arus Lalu Lintas dan membantu warga melakukan evakuasi.

”Proses evakuasi dilaksanakan dari awal terjadinya bencana banjir dan tanah longsor dengan Alat Berat Excavator sampai hari ini, terdapat 4 orang (anak kepala desa ilanbatu) warga Dusun Sibua Desa Ilanbatu Kecamatan Walenrang Barat. Dimana 1 Jenazah ditemukan tertimbun longsor atas nama Sofyan (11) dan yang 3 orang sampai saat ini belum diketahui keberadaannya dan sementara lokasi longsor belum bisa ditembus baik dengan R2 maupun R4,” ungkap Fajar, kepada awak media, Senin (4/10/2021).

Personil Polres Luwu evakuasi seorang korban ditemukan tertimbun longsor adalah warga Dusun Sibua Desa Ilanbatu Kecamatan Walenrang Barat. Sejumlah korban lainnya, tahap pencarian, Senin (4/10/2021). (Ist)

Fajar melanjutkan, bahwa Kita sudah berkordinasi dengan Pemerintah Kecamatan untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir dan kita juga berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Luwu untuk segera melaksanakan penanggulangan bencana alam.

“Hingga saat ini penanggulangan bencana alam banjir dan tanah longsor telah diback up oleh personil TNI – Polri BKO Brimob Baebunta, Tagana Luwu Utara dan BPBD Luwu serta para Relawan dari berbagai Ormas se-Luwu Raya,” jelas Fajar.

”Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada anggota TNI-Polri, instansi Pemerintah terkait Kabupaten Luwu dan Tagana Kabupaten Luwu Utara, Relawan dari berbagai Ormas se-Luwu Raya serta warga masyarakat yang sudah bahu membahu melakukan proses evakuasi dari awal terjadinya bencana hingga saat ini,” tutur AKBP Fajar. (*)

Pos terkait