Jelang UTBK SBMPTN, Rektor UNM Beri Arahan Para Pengawas

Rektor UNM, Prof. Dr. H. Ir. Husain Syam, M.TP., IPU., Asean Eng. (Ist)

UPOS, Makassar – Universitas Negeri Makassar (UNM), menjadi salah satu kampus penyelenggara Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Pusat UTBK 712 UNM. Menara Pinisi, Selasa (10/5/2022).

Ketua Panitia Pusat UTBK 712 UNM, Prof Hasnawi Haris dalam laporannya mengatakan, sebanyak 498 pengawas mengikuti pembekalan Pengawas (Sosialisasi) Tata Laksana Pengawasan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK SBMPTN) Tahun 2020 yang dibagi didua sesi masing-masing sesi pertama 246 orang dan sesi kedua 252 orang.

Pada kesempatan itu, Rektor UNM, Prof. Dr.H.Ir. Husain Syam,M.TP., IPU., Asean Eng. dalam arahannya mengatakan, para pengawas harus memiliki rasa tanggung jawab dengan menjalankan tugas sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

“Meskipun kegiatan ini bukan lagi tugas baru tetapi selalu dijalani setiap tahun. Namun, diharapkan tidak membuat lengah sehingga dapat terjadi kesalahan yang akan membuat kegaduhan dalam pelaksanaan UTBK. Semua dosen yang terlibat, apapun tugasnya, hendaknya memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi untuk melakukannya. Jangan hanya datang dan duduk saja, tetapi selalu mengontrol dan mengawasi jalannya ujian,” harap Mantan Dekan FT dua periode ini.

Selanjutnya, kata Guru Besar Teknologi Pertanian, jika terdapat masalah yang ditemukan hendaknya tidak setiap orang atau dosen untuk memberikan keterangan ke pihak luar.

Informasi dan keterangan harus melalui mekanisme dan jalur yang satu sehingga informasinya akurat. Diharapkan pula, agar para pengawas betul-betul melaksanakan tugas secermat mungkin agar pelaksanaan UTBK di UNM berjalan dengan sukses. (*)

Pos terkait