Jelang pendaftaran Parpol, Bawaslu Jeneponto Lakukan Ini

UPOS, Jeneponto– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Jeneponto mengadakan rapat internal pengawasan pendaftaran dan verifikasi partai.

Rapat tersebut dilaksanakan di Media Center Bawaslu Kabupaten Jeneponto. Kamis (28/07/2022). Ketua Bawaslu Jeneponto, Saiful menyampaikan bahwa Bawaslu adalah lembaga publik yg di berikan kewenangan langsung pengawasan/pencegahan dan penindakan.

“Oleh karena itu kita pastikan semua proses verifikasi administrasi dan faktual partai politik sesuai dgn prosedur dan tata cara verifikasi administrasi dan faktual sebagaimana konsentrasi pengawasan kita di beberapa Pasal mulai Pasal 35 dan Pasal 79 PKPU No.4 tahun 2022. Dan tugas utama kita yaitu melakukan pengawasan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual partai politik, “ujar Saiful.

Ketua KPU Jeneponto, Muh Alwi menyampaikan KPU Jeneponto sedang mempersiapkan diri. “Secara kelembagaan dan proses pendaftaran partai politik Pemilu 2024 berbeda dengan Pemilu yang lalu, “ujar Alwi.

Anggota Bawaslu Jeneponto Kordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga dan Hubungan Masyarakat, Hamka Lau menyampaikan tahap persiapan kegiatan hari ini dengan melakukan pemetaan potensi kerawanan dan pengawasannya dalam verifikasi administrasi dan verifikasi faktual partai politik di Jeneponto.

“Kemudian membuat surat pencegahan pelanggaran ke para pimpinan partai politik di setiap tahapan pemilu, “kat Hamka.

Hadir dalam rapat tersebut, Ketua dan Anggota Bawaslu Jeneponto, Ketua KPU Jeneponto dan seluruh Staf PNS, PPNPNS Bawaslu Jeneponto.(*)

Pos terkait