Jelang Musim Hujan, Bupati Luwu Imbau Waspda Banjir

0 Komentar

UPOS, Luwu– Bupati Luwu, Basmin Mattayang mulai mengeluarkan imbauan waspada bahaya banjir jelang musim hujan yang diperkirakan berlangsung akhir November tahun ini.

Dalam pertemuan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu, Rabu, (20/11) siang kemarin, Bupati menyampaikan sejumlah poin penting dalam rangka siaga bencana menghadapi musim hujan.

“Kondisi musik hujan saat ini berpotensi mengakibatkan bencana banjir dan longsor. Saya perintahkan kepada seluruh camat untuk segera mengambil langkah-langkah antisipasi, “ujarnya.

Basmin Mattayang meminta seluruh camat agar mengimbau masyarakat untuk mewaspadai musim hujan yang sedang berlangsung utamanya pada wilayah dataran rendah dan terdapat aliran sungai.

“Saya juga mengimbau siaga desa/kelurahan dengan mengoptimalkan peran masyarakat dan aparat serta penanggulangann bencana. Apa bila terjadi bencana agar berkoodinasi dengan pemerintah setempat dan BPBD, “imbaunya.

Bupati Luwu dua periode ini menyampaikan agar siaga desa dan kelurahan diaktifkan termasuk koordinasi antar aparat desa, camat hingga ke kabupaten.

Ini penting kata dia agar proses antisipasi, evakuasi jika ada korban dan penanganan pasca bencana cepat terselesaikan serra pula mempermudah penyaluran bantuan.

Untuk diketahui, BPBD Luwu menyampaikan jika prakiraan cuaca BMKG sudah memperkirakan musim hujan nopember tahun ini hingga april tahun 2020.

“Sesuai surat yang kami terima menyampaikan musim hujan sudah mulai di bulan November tahun ini hingga April tahun depan. Olehnya itu kami melaporkan ke pak Bupati dan ditindak lanjuti dalam bentuk imbauan, “kata Kepala BPBD Luwu, Rahman Mandaria.(*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment