Jayadi Nas Minta Lutim Bongkar Kebiasaan Lama

0 Komentar

UPOS, Luwu Timur – Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan Sulsel, Jayadi Nas mengatakan, Perencanaan Pembangunan saat ini harus melibatkan Partisipasi Masyarakat. Karena konsep pembangunan saat ini berdasarkan pada kebutuhan masyarakat bukan kepentingan Pimpinan.Demikian dikatakannya saat mengisi acara Dialog antara DPRD, Pemkab Lutim dan Masyarakat yang berjudul Peran DPRD Dalam Meningkatkan Kualitas Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan . Rabu (27/11/2019) Di DPRD Lutim.

Menurut Jayadi, Partisipasi dibutuhkan agar perencanaan pembangunan benar -benar untuk kepentingan masyarakat. Olehnya itu pelibatan masyarakat di mulai sejak Perencanaan, Pengawasan sampai pada evaluasi akhir kegiatan.

Namun demikian, dalam hal meningkatkan Partisipasi ini, pemerintah masih saja menemui kendala. Dilapangan ada masyarakat yang secara suka rela ingin terlibat namun ada pula yang apatis.

Yang apatis ini tetap harus berpartisipasi caranya dengan di mobilisasi. Kenapa masyarakat ada yang apatis karena mereka belum tahu untuk apa pembangunan yang akan dibangun itu dan siapa yang diuntungkan dari pembangunan itu.

” Makanya tugas kita sekarang, sampaikan kepada masyarakat, informasikan yang benar kalau pemerintah itu ingin melayani dan sudah melayani masyarakat dengan baik ” Ujar Jayadi

Dalam hal penggunaan Keuangan Daerah juga harus dirubah cara berpikir aparatur pemerintah. Jika selama ini selalu berpikir bagaimana cara menghabiskan anggaran agar daya serap tinggi, kini harus dirubah bagaimana dengan anggaran yang ada diputar untuk menghasilkan uang yang lebih besar lagi.

” Bukan rahasia lagi setiap akhir tahun anggaran, setiap OPD sibuk memperbanyak kegiatan untuk menghabiskan anggaran, di Makassar saat ini hotel penuh karena banyak daerah yang menggelar kegiatannya di Provinsi. ” Ungkap Jayadi

Pak Gubernur sudah tahu Luwu Timur sudah mengesahkan APBDnya, dan permintaan Pak Gubernur agar Luwu Timur sudah melakukan Tender di bulan Desember 2019 ini. Proses tender ini juga harus dirubah karena selama ini di daerah baru sibuk tender pada April ,Mei, dari segi waktu saja sudah kalah bagaimana mau cepat dalam membangun.

“Selamat buat Lutim yang sudah ketok Palu, Desember tahun ini sudah bisa tender ya pak ” Kata Jayadi

Lanjut Jayadi, dia sudah dengar pernyataan ketua DPRD Lutim yang menyebut PAD Lutim menurun. Nah ini imbasnya sama gaji anggota dewan ya. Cuma tanda tanya kita kenapa sampai menurun, ada apa. Inilah yang dilakukan Lutim membuat perencanaan sebaik mungkin untuk mendongkrak Pendapatan Daerah.

Masih Jayadi, Dalam hal percepatan pembangunan di Luwu Raya, Gubernur Sulsel sudah membuka akses di Luwu Utara dan di Luwu. Di Lutra di bangun jalan ke Seko, di Luwu dibangun jalan ke Bastem. Di Lutim akses ke daerah perbatasan juga di perbaiki, Tujuannya jika akses jalan bagus potensi daerah yang tidak terkelola selama ini bisa dikelola dengan baik dan bisa menjadi sumber pendapatan daerah setempat.

Kegiatan ini di hadiri Ketua DPRD Lutim Amran Syam, Wakil Ketua DPRD Muh.Siddiq BM, utusan OPD, Para Kepala Desa, termasuk dari TNI dan Polres Lutim. (UjungpandangPos***)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment